Vicky Zhao dan Skandal 4 Artis China yang Terancam 'Dihilangkan' Pemerintah

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 04 Sep 2021 13:00 WIB
Vicky Zhao Foto: Instagram @vicki_zhaowei
Jakarta -

Nama artis China Zhao Wei atau yang lebih dikenal sebagai Vicky Zhao hilang dari internet. Media sosialnya pun sudah tidak bisa diakses karena disensor oleh pemerintah China. Belum jelas apa alasannya namun diduga karena Vicky terlibat sejumlah skandal dan kedekatannya dengan Jack Ma. Selain Vicky ada sejumlah artis China lain yang namanya terancam dihapus dari internet karena usaha China untuk mengontrol budaya 'fans' agar tidak terpengaruh perbuatan mereka.

Vicky Zhao

Vicky Zhao InstagramVicky Zhao Instagram Foto: Instagram/@vicki_zhaowei

Lama tak tampil sebagai aktris atau penyanyi, Vicky Zhao malah menghilang dari internet. Pemerintah belum menjelaskan alasan pastinya tapi banyak orang menduga jika itu terkait dengan masalah investor. Ia menjadi target tuntutan 67 investor yang meminta kompensasi atas pengambilalihan yang tidak sesuai. Zhao dan suami sendiri sudah diblokir dari pasar sekuritas China sejak 2017.

Vicky juga pernah dianggap tidak nasionalis karena menjadi bintang iklan brand Fendi yang diduga menjadi faktor lain. Selain itu, wanita 45 tahun ini dikenal dekat dengan Jack Ma karena memiliki saham di Alibaba Pictures Group.

Kris Wu

Kris WuKris Wu Foto: dok. Instagram kriswu

Selain Vicky, ada artis China lain yang jejaknya perlahan dihapus oleh pemerintah. Adalah Kris Wu, rapper dan aktor yang belakangan menghebohkan publik dengan kasus pelecehan seksual dan pemerkosaaan anak di bawah umur. Akun Weibo beserta konten lain mantan member EXO di sejumlah platform pun sudah tidak ada.

Zhang Zhehan

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Zhang Zhehan juga sudah sulit ditemui di sejumlah platform online. Sebenarnya masalah aktor tampan ini tidak separah yang lain. Beberapa waktu lalu, ia kedapatan berkunjung dan berfoto di Kuil Yasukuni di Jepang yang memang memiliki sejarah kelam untuk China.

Pemain World of Honor itu dianggap melukai perasaan orang China juga karena menghadiri pernikahan di Kuil Nogi dan berfoto dengan Dewi Seokarno yang dianggap kontroversial di Tiongkok. Dilaporkan bahwa pria 30 tahun itu dipaksa untuk mundur dari dunia hiburan.

Fan Bingbing

fan bingbingfan bingbing Foto: Instagram @bingbing_fan

Selain ketiga artis itu belum diketahui lagi tokoh-tokoh terkenal yang namanya dihapus pemerintah China. Namun Fan Bing Bing dikatakan masuk dalam dalam daftar targetnya. Wanita yang pernah menjadi artis Tiongkok berbayaran tertinggi ini sempat menghilang karena masalah penunggakan pajak hingga $123 juta atau sekitar Rp 1,7 triliunan. Berdasarkan laporkan media lokal, Bingbing sudah membayarnya dalam waktu dua hari saja.

Zheng Shuang

zheng shuangzheng shuang Foto: Weibo Zheng Shuang

Setelah ramai berita Vicky Zhao dihapus dari internet, artis ini diprediksi akan jadi target selanjutnya. Zheng Shuang jadi perbincangan sejak awal tahun setelah disebut telah menelantarkan anak-anak yang telah direncanakannya bersama mantan kekasih. Dilaporkan jika wanita tersebut bahkan sempat meminta ibu pengganti di Amerika untuk mengaborsi bayi-bayi yang sedang dikandung. Tak lama kemudian, aktris itu juga terlibat kontroversi lain yakni tuduhan penggelapan pajak.

(ami/ami)