5 Fakta Kontroversi Zhang Zhehan, Dihujat karena Foto Bareng Dewi Soekarno

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 06 Sep 2021 12:07 WIB
Zhang Zhehan Foto: Internet
Jakarta -

Zhang Zhehan menjadi salah satu selebriti yang namanya terancam menghilang dari dunia hiburan bahkan internet. Meski alasan pastinya belum diungkap, dikatakan jika hal tersebut merupakan usaha China untuk mengontrol budaya fans agar publik tidak terpengaruh perbuatan negatif mereka. Zhehan sebelumnya memang pernah terlibat skandal. Ketika pergi ke Jepang, ia dituding tidak nasionalis setelah ketahuan berfoto di kuil dan bersama Dewi Soekarno.

Zhang Zhehan adalah aktor China yang cukup populer dan banyak bermain di sejumlah drama dan film. Pria 30 tahun tersebut juga seorang atlet dan penyanyi. Bulan lalu, ia mendapat kritikan setelah foto-fotonya tersebar. Pemain 'Legend of Yunxi' tersebut terlihat mengunjungi Kuil Yasukuni di Jepang yang memiliki sejarah kelam bagi China. Berikut lima fakta mengenai kontroversinya:

Zhang Zhehan Kunjungi Kuil Kontroversial

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Dalam foto yang beredar di Weibo, aktor tampan ini terlihat berfoto di Kuil Yasukuni. Hal tersebut mendapat hujatan karena kuil itu dipersembahkan untuk menghormati tentara-tentara Jepang yang tewas dalam perang dunia kedua. Ia dianggap tidak nasionalis karena Jepang menginvasi China kala itu.

Mengunjungi Kuil Lain untuk Hadiri Pernikahan

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Foto-foto lain pun menunjukkan Zhang Zhehan datang ke kuil lain untuk menghadiri pernikahan. Berdasarkan laporan, ia mendatangi perkawinan anak dari mantan perdana menteri Junichiro Koizumi yang masih keturunan petinggi militer Jepang. Karena itu, ia semakin mendapat hujatan dari netizen.

Foto Bareng Dewi Soekarno

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Zhang Zhehan juga terlihat berfoto bersama Dewi Soekarno yang ikut menghadiri pernikahan tersebut. Hal ini ternyata menjadi sesuatu yang sensitif karena sosok mantan istri presiden pertama Indonesia tersebut cukup kontroversial di China. Dewi sering dikritik karena dianggap mengungkap pandangan yang salah soal invasi Jepang ke China.

Media Sosial Zhang Zhehan Tidak Bisa Diakses

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Tak lama kemudian jejak Zhang Zhehan mulai menghilang dari internet. Weibo dan Douyin resminya tidak bisa diakses lagi setelah ia dianggap tidak patriotik. Perwakilan Weibo menyatakan jika ia adalah publik figur dengan banyak fans yang seharusnya punya pengetahuan dasar mengenai sejarah bangsa.

Diboikot dan Diputus Kontrak Berbagai Brand

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Kabar terbaru dari Zhang Zhehan adalah ia sudah diboikot dari industri hiburan dan kontraknya dengan berbagai brand sudah diputus. Dilaporkan sebanyak 27 merek menghentikan kerjasamanya, mulai dari Coca Cola hingga Lanvin. Begitu juga dengan proyek film dan drama.

(ami/ami)