Viral Mas-mas Penjual Jamu Rambutnya bak Aktor Laga China, Bikin Salfok

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 22 Jul 2021 16:15 WIB
Penjual jamu keliling berambut panjang viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @shantie_sandra.
Jakarta -

Pria berambut panjang yang bekerja sebagai tukang jamu keliling ini viral menjadi atensi netizen. Pria tersebut menjual jamu dengan gerobak dorong yang berisi botol-botol kaca.

Berawal dari akun TikTok @shantie_sandra yang mengunggah sosok tukang jamu tersebut. Dalam video itu, Shantie terlihat membayar jamu kepada pria berambut panjang yang disebutnya 'ayu' alias cantik dalam bahasa Jawa.

"Kang jamu ayuu aku juga fans setiap hari. Bales dong (salam kepalan tangan) Dadahh terimakasih ya," ucap Shantie usai menerima uang kembalian dari penjual jamu itu.

Selain itu Shantie juga kerap merekam saat pria penjual jamu tradisional itu lewat di depan rumahnya. Dia biasanya membeli dagangan jamu pria tersebut sambil berbincang-bincang santai.

@shantie_sandra

Kang jamu ayuu aku juga fans setiap hari

♬ suara asli - Shantie_sandra

Hingga Kamis (22/7/2021) video viral tersebut sudah ditonton lebih dari 8 juta Views, mendapat 324 ribu Likes dan 7.455 komentar. Warganet ada yang mengatakan jika penjual jamu tersebut mirip aktor film kolosal atau laga drama China.

"Style rambutnya kek di drama drama China yg pke hanfu ," ujar akun @susabix.

"Mirip pemeran white snake legend tapi versi indo x ya," tutur akun @zella.

"Mirip Wang Yibo lagi main drama ," ucap akun @rhyu.june.

"Kalau kalem kek gini, gw masih respect sih sama pendirian dia," saut akun @Asadeluv.

"Patut di contoh selalu semangat mencari uang dalam kondisi seperti ini," timpal akun @ANAK BAE.

"Mirip xie lian, pake caping juga ," tutur @ㅃㄴ.

"Lancar terus rezekinya ya kakak jamu," timpal akun @KorbanGHOSTING.

Penjual jamu keliling berambut panjang viral di media sosial.Penjual jamu keliling berambut panjang viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @shantie_sandra.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop menghubungi Shantie Sandra yang mengunggah video tersebut di akun TikToknya. Ia mengatakan jika pria penjual jamu yang viral tersebut tak mau disebut nama aslinya.

"Video itu aku rekam sendiri seminggu yang lalu. Setiap sore lewat depan konveksi aku. Dia nggak mau disebutin namannya, kita panggil kak aja. Dia orang Karang Anyer, Banten. Merantau sendiri di jakarta," kata Shantie, Rabu (21/7/2021).

Shantie menuturkan jika sosok pria penjual jamu itu ramah dan humoris. Pria tersebut sudah berjualan selama empat tahun dan meracik sendiri jamu yang dijualnya. Jamu buatan pria dengan rambut mirip aktor laga China itu dijual per gelas seharga Rp 3 ribu.

"Bikin jamu olahan sendiri dan dijual keliling setiap pagi jam 07.00 sampai jam 09.00 WIB. Kalau sore jam 14.00 sampai jam 17.00 WIB. Dia orangnya semangat bangat. Pertama belajar bikin jamu lewat Google katanya," imbuh Shantie.

Penjual jamu keliling berambut panjang viral di media sosial.Penjual jamu keliling berambut panjang viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @shantie_sandra.

Alasan Menjual Jamu

Berdasarkan perbincangan dengan Shantie terungkap, pria penjual jamu berparas ayu yang viral itu merupakan lulusan SMP. Pria tersebut pun pernah mengungkapkan kepada Shantie alasannya bekerja menjual jamu keliling.

"Dia jualan jamu karena nggak mau kerja bergantung sama orang. Dia mau usaha sendiri gitu. Capek kerja sama orang. Sebelumnya dia bantuin ibunya aja bekerja," tambah Shantie.

Pria tersebut mengaku senang ketika mengetahui dirinya viral di media sosial. Apalagi dia dipuji seperti aktor drama kolosal.

"Dia seneng banget jadi tambah semangat lagi. Dia dikasih tahu kalo viral sama temannya yang ada di Bali. Katanya dia nggak punya TikTok," lanjutnya.

Shantie mengaku awalnya ia tak sengaja mengunggah video pria penjual jamu itu ke akun TikToknya. "Aku lihat sudah lama, dia keliling di sini. Tapi pas waktu itu gabut nggak tahu mau ngapain. Pas dia lewat lansung terinspirasi mau video-in aja terus beli jamunya," tutup Shantie.

Penjual jamu keliling berambut panjang viral di media sosial.Penjual jamu keliling berambut panjang viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @shantie_sandra.
(gaf/eny)