Nia Ramadhani dan Ardi Kasus Narkoba, Ini Efek Psikologis Pada Anak-anaknya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 09 Jul 2021 18:00 WIB
nia ramadhani Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie membuat heboh publik di Tanah Air. Pasalnya keduanya ditangkap pihak kepolisian karena kasus narkoba.

Ketika memberikan keterangan pers di Mapolres, Jakarta Pusat, Kamis (8/7/2021) Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusril Yunus membeberkan penangkapan terhadap Nia dan Ardi. Kini status keduanya yang menjadi tersangka.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie yang menikah pada 2010 diketahui memiliki tiga anak. Kini keduanya ditahan kepolisian karena kasus narkoba, bagaimana nasib anak-anak mereka?

Psikolog Meity Arianty, STP., M.Psi menjelaskan efek yang timbul pada anak ketika kedua orangtua terkena kasus obat-obatan terlarang. Meity sendiri sebelumnya sudah pernah menangani kasus remaja yang melihat polisi membawa kedua orangtuanya ke kantor polisi karena kasus narkoba. Remaja tersebut lalu mengalami trauma.

"Remaja itu mengalami trauma dan sangat cemas saat menyampaikan itu ke saya. Jika seseorang menggunakan narkoba dan mengatakan bahwa dia hanya merugikan dirinya sendiri dan merasa nggak seperti koruptor yang menyengsarakan orang banyak itu salah," kata Meity kepada Wolipop, Kamis (8/7/2021).

Foto psikolog Meity Arianty, STP., M.PsiPsikolog Meity Arianty, STP., M.Psi Foto: Dok. Psikolog Meity Arianty, STP., M.Psi

Meity mengatakan jika perbuatan orangtua yang memakai narkoba tersebut tidak hanya merugikan dirinya sendiri namun keluarga kedua belah pihak. Terutama bagi anak-anaknya.

"Anak-anak yang sudah bisa memahami tentu bisa malu, ada rasa takut, cemas, sedih, terluka atau ada yang marah dan tidak jarang ada yang trauma jika tidak diberi pengertian dan pemahaman yang baik," jelasnya.

Lantas bagaimana caranya agar kondisi mental anak yang orangtuanya ditangkap karena narkoba seperti Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie tidak jatuh? Psikolog klinis tersebut mengungkapkan dua hal agar kondisi psikologis anak tidak terganggu.

1. Orangtua Memberikan Penjelasan

Jika kedua orangtua tersangkut dalam suatu kasus, seperti Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, sebaiknya orang dewasa yang kenal dekat dengan anak memberikan pengertian dan menyampaikan ke anak dengan bahasa yang mudah di pahami.

"Akan banyak yang dipertanyakan anak dan harus dilihat sejauh mana anak mengetahui apa yang terjadi dengan orangtuanya. Ini sangat penting agar orangtua tahu harus masuk di bagian mana yang dapat membuat anak bisa menerima kondisi orang tuanya," ucap psikolog yang juga dosen psikologi di Universitas Gunadarma itu.

2. Jauhkan dari Media Sosial

Teknologi sudah semakin canggih dan informasi yang beredar pun bisa semakin cepat tersebar. Mei pun menyarankan agar menjauhkan anak dari penggunaan media sosial ketika orangtuanya terkena kasus narkoba.

"Jauhkan dari social media untuk sementara dan beri ekstra perhatian dari orang terdekat. Anak di samping orangtuanya dan sering-sering cek kondisi psikologisnya," tutur Mei.

Di akhir wawancara, Mei memberikan pesan bagi kamu yang sudah berkeluarga dalam menghadapi kasus yang dialami Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, agar tidak hanya fokus dengan diri sendiri. Cobalah lebih memperhatikan anak yang harus dipenuhi kebutuhan lahir dan batinnya. Teruslah mendidik dan membesarkan anak dengan baik.

"Sehingga apapun yang kamu lakukan, pikirkan anak-anakmu, perilaku orangtua mungkin tidak akan berdampak saat ini. Atau tidak terlihat saat ini, namun beberapa tahun kemudian kamu akan sangat menyesal ketika tahu anak-anak kamu memiliki masalah mental yang serius karena menyimpan trauma atau luka batin karena pola asuh," pungkasnya.

(gaf/eny)