Inspirasi Drakor Move to Heaven, Ini Park Sae Byul Sang Pembersih Trauma

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 27 Mei 2021 08:00 WIB
Kim Sae Byul Inspirasi drakor Move To Heaven. Foto: Twitter ljehoons, Netflix
Jakarta -

Move to Heaven tengah menjadi perbincangan hangat di antara penggemar drama Korea. Pasalnya, penonton dibuat mewek dengan kisah emosional di tiap episodenya.

Move to Heaven yang tayang di Netflix diadaptasi dari kisah nyata. Drama Korea ini memperlihatkan pekerjaan pembersih trauma yang belum diketahui banyak orang.

Move to Heaven mengisahkan kehidupan Geu Ru (pemain Tang Jun Sang), seorang pemuda yang menderita sindrom Asperger. Ia menjalankan bisnis 'Move to Heaven' bersama ayahnya sebagai pembersih trauma.

Mereka membersihkan rumah orang yang telah meninggal dan mengelola barang peninggalannya. Nantinya, barang-barang tersebut akan diberikan kepada anggota keluarga yang ditinggalkan.

Para pembersih trauma secara tak langsung menyampaikan pesan yang belum tersampaikan dari orang yang meninggal. Namun, suatu malam ayah Geu Ru terkena serangan jantung dan meninggal.

Move to HeavenMove to Heaven Foto: dok. Netflix

Geu Ru harus beradaptasi dengan keberadaan paman Sang Gu (pemain Lee Je Hoon) sebagai walinya. Ia juga dibantu sahabatnya Na Mu (pemain Hong Seung Hee) yang perhatian.

Alur cerita Move to Heaven diadaptasi dari esai non fiksi 'Things Left Behind' karangan Kim Sae Byul. Pria berumur 40-an itu menuliskan pengalaman hidupnya sebagai pembersih trauma.

Seperti apa kehidupan pembersih trauma? Kim Sae Byul menjawab rasa penasaran netizen yang tertarik dengan pekerjaannya melalui channel YouTube biohazard newstar kim.

Sosok Kim Sae Byul Sang Pembersih Trauma

Kim Sae Byul memiliki pekerjaan yang tak biasa di Korea Selatan. Pemilik channel YouTube biohazard newstar kim ini menjadi salah satu pembersih trauma pertama di Korea.

Kim Sae ByulKim Sae Byul, memegang buku esai non fiksi 'Things Left Behind' Foto: dok. Twitter ljehoons

Ia mendirikan perusahaan Bio Hazard, dan menawarkan jasa bersih-bersih rumah setelah terjadi pembunuhan, bunuh diri, maupun kematian yang terjadi tanpa pengawasan.

Kim Sae Byul sempat tampil di program televisi You Quiz on the Block, yang dipandu oleh Yoo Jae Suk. Sejak itu, banyak orang yang penasaran dengan pekerjaannya.

Awal Memulai Pekerjaan sebagai Pembersih Trauma

Kim Sae Byul tak langsung terjun sebagai pembersih trauma. Ia lebih dulu bekerja sebagai petugas tempat pemakaman yang terbiasa menangani orang meninggal.

Kim Sae ByulKim Sae Byul mengungkap alasannya menjadi pembersih trauma Foto: dok. YouTube biohazard newstar kim

Hingga akhirnya, seorang gadis mendatangi Kim Sae Byul dan meminta bantuannya. Ia tak sanggup hati membersihkan barang peninggalan sang ayah yang baru saja meninggal.

"Dunia pasti membutuhkan pekerjaan seperti ini. Aku harus mencobanya. Aku harus membantu mereka yang mengalami kesulitan seperti itu," ujar pria yang menjadi inspirasi sutradara Move to Heaven, Kim Sung Ho.

Bayaran Seorang Pembersih Trauma

Kim Sae Byul menjawab rasa penasaran netizen terkait bayarannya sebagai pembersih trauma. Seperti di drama Korea Move to Heaven, biaya pembersihan Bio Hazard dihitung per kamar.

Kim Sae ByulKim Sae Byul, pendiri Bio Hazard Foto: dok. YouTube biohazard newstar kim

Biaya untuk pembuangan sampah dikenakan 550,000 won (sekitar Rp 7 juta) per ton. Dan biaya tenaga kerja dua orang, masing-masing sebesar 200,000 won (sekitar Rp 2,5 juta).

"Berarti sebesar 950,000 won (sekitar Rp 12,1 juta). Selanjutnya, dikenakan 1,2 juta won (sekitar Rp 15,3 juta) untuk pembersihan dan penyemprotan disinfektan," ungkap Kim Sae Byul.

Bila klien membutuhkan mobil dengan tangga, akan ada biaya terpisah yang dipungut oleh Bio Hazard. Nantinya, jumlah bayaran Kim Sae Byul disesuaikan dengan banyaknya sampah yang dibuang.

Barang Peninggalan Akan Dibuang atau Dijual

Dalam drama Korea Move to Heaven, Geu Ru dan Sang Gu memberikan barang-barang peninggalan yang memiliki arti spesial kepada pihak keluarga. Kim Sae Byul pun mengungkap bagaimana dirinya mengelola barang peninggalan orang meninggal.

Kim Sae ByulKim Sae Byul membersihkan barang peninggalan Foto: dok. YouTube biohazard newstar kim

Beberapa barang yang ditinggalkan akan dibuang oleh sang pembersih trauma. Namun, barang-barang yang masih dapat digunakan seperti baju dan besi tua akan dijual ataupun diberikan kepada pihak keluarga.

Kesulitan Seorang Pembersih Trauma

Di akhir video, Kim Sae Byul mengungkap tantangannya sebagai pembersih trauma. Pendiri Bio Hazard ini kerap dimarahi orang-orang yang berada di sekitar TKP bila pembersihan membutuhkan waktu lama.

Adegan Drama Korea to HeavenAdegan Drama Korea to Heaven Foto: dok. Netflix

Hal itu tergambar dalam episode empat drama Korea Move to Heaven, saat Geu Ru dan Sang Gu membersihkan barang peninggalan seorang wanita yang dibunuh pria psikopat.



Simak Video "5 Drakor Hits Selain Squid Game yang Sukses Bikin Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)