Liputan Khusus Cute Typing

Viral Tren Cuping 'Cute Typing', Menulis Gaya Imut ala Anak Zaman Now

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 04 Apr 2021 06:23 WIB
Ilustrasi wanita yang sedang tertawa ketika membaca pesan singkat. Cuping atau cute typing viral di media sosial. Foto: Getty Images/recep-bg.
Jakarta -

Apakah kamu pernah mendengar istilah cuping atau singkatan dari Cute Typing? Istilah cuping belakangan viral di media sosial setelah pembahasan soal bahasa tersebut diunggah oleh akun Twitter humor @txtdarigajelas.

Apa itu cuping? Akun humor di Twitter @txtdarigajelas membagikan tangkapan layar chanel dengan nama Mari Belajar Cuping. Chanel tersebut mempunyai 50.924 subscribers.

"50rb orang aneh," tulis singkat akun Twitter @txtdarigajelas baru-baru ini.

Lebih lanjut dalam tangkapan layar yang dibagikan @txtdarigajelas itu juga terlihat penjelasan tentang cara menulis dengan cuping atau cute typing. Chanel tersebut menyampaikan tidak semua kata bisa diubah menjadi cuping.

Berdasarkan penjelasan dari grup Mari Belajar Cuping itu, cuping atau cute typing adalah gaya penulisan dengan kata-kata yang beberapa hurufnya diubah sehingga terdengar imut. Oleh karena itulah gaya penulisan itu dinamai cute typing atau cuping.

Berikut selengkapnya pembahasan soal cuping yang viral dan diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdarigajelas:



"Oh iya, buat yang baru belajar cuping, aku saranin sih kalian jangan terlalu banyak mengubah kata. Gak semua kata-kata itu bisa dicuping-in.. Menurutku banyak yang belum bisa baca cuping dan agak lambat membacanya. Jadi kalian ambil jalur aman aja #notes.

Misalnya begini ambil contoh kata :

"Kamu jangan begitu! Aku gak suka."

Cuping jalur aman bisa begini :

"Kkamu janan bwegitu! Aku ndaa sukka!" Itu masih bisa dimengeri buat seseorang yang gak terbiasa dengan cuping.

Tapi kalau :
"Thamu jwanann bbwegitu! Athu ndaa cwukka!" Ini seringnya salah paham. Cwukka itu kan bisa aja cuka."

Hingga Jumat (2/4/2021) postingan tersebut sudah mendapatkan lebih dari 22 ribu Likes, 4.181 Quote Retweets dan 3.272 Retweets. Warganet ada yang kesal dan mempertanyakan gaya bahasa cuping atau cute typing tersebut.

"Typing keselek huruf w," ujar akun @bbyygvrl_.

"cute typing,padahal gada cute-cutenyaa wkwkwkwkk," ucap akun @doorngurrl.

"Ingin rasanya membasmi orang" yang cuping, alias geli banget bangs*t," kesal akun @004CHEL.

"Heran, orang-orang kok hobi amat nambah beban dihidupnya," saut akun @anoval619.

"ini kan bahasa / typing buat anak RP (roleplayer) yah gapp, yang jadi masalah itu kalau udh dibawa ke real life jatuhnya "aneh," timpal akun @muazyxe.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi akun humor di Twitter @txtdarigajelas. Ia mengatakan jika unggahan soal cuping atau cute typing itu didapatnya dari salah satu pengikut di Twitter.

"Sumbernya dari salah satu Followers yang mengirim ke Inbox. Pas baca fotonya itu agak aneh aja si wkwkwkw," kata admin akun Twitter @txtdarigajelas (30/3/2021).

Admin akun Twitter @txtdarigajelas menyebutkan sengaja mengunggah ulang tangakapan layar grup tersebut karena dianggap unik. "Yaa karena unnik aja. Untuk sejauh ini belum ada yang pakai cuping di akun kita," tutupnya.

Apa kata pakar bahasa soal tren menulis cute typing atau cuping ini? Cuping juga ternyata ada 'rumusnya'. Simak terus liputan khusus Wolipop soal fenomena cute typing.

(gaf/eny)