Julid Hingga Pansos, 11 Istilah Kekinian Populer yang Maknanya Ada di KBBI

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 13 Des 2019 13:38 WIB
Ilustrasi. Foto: Unsplash/Brooke Cagle Ilustrasi. Foto: Unsplash/Brooke Cagle
Jakarta - Banyak istilah-istilah populer kekinian yang kerap diucapkan oleh anak-anak muda. Istilah-istilah ini memunculkan kata dan bahasa-bahasa baru yang maknanya terkadang tak ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

KBBI pun secara rutin melakukan pembaharuan dengan memasukkan kata-kata baru yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Termasuk istilah-istilah kekinian yang sekarang sudah ada di dalam KBBI.

Mulai dari julid, cie, hingga pansos ada maknanya di KBBI. Apa saja istilah kekinian yang ada di dalam KBBI?

1. Julid

Istilah julid populer setelah penyanyi Syahrini sering mengucapkannya untuk mengomentari netizen yang mengomentari penampilan mewahnya. Kerap bepergian ke berbagai negara, menenteng tas Hermes miliaran hingga naik pesawat jet pribadi, netizen pun memberikan komentar tidak sedap pada istri Reino Barack tersebut.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia julid berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain, biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu.



2. Pansos

Istilah pansos singkatan panjat sosial dipopulerkan oleh beberapa artis dan selebgram yang merujuk pada orang-orang yang suka cari perhatian di media sosial, namun sering diartikan sebagai perilaku negatif.

Dalam KBBI pansos merupakan usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial.

3. Cie

Biasanya kata 'cie' digunakan untuk menggoda seseorang hingga berarti cemburu. Ada juga yang menyebut 'cie' sebagai singkatan 'cause I'm envy'. Nah pada KBBI kata cie ini diartikan sebagai kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu.

4. Mager

Istilah mager merupakan singkatan males gerak yang ditujukan untuk seseorang yang malas bepergian saat temannya mengajak jalan. Meskipun istilah ini sudah lama diterapkan di kalangan anak-anak muda, mager baru ada maknanya dalam KBBI. Pada KBBI mager merupakan kata kerja yang menunjukkan enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Selanjutnya
Halaman
1 2