10 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea, Cocok Buat Pecinta Drakor

Chairini Putong - wolipop Selasa, 12 Jan 2021 13:00 WIB
Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea Selatan. Foto: Dok. Wolipop Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea Selatan. Foto: Dok. Wolipop
Jakarta -

Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea Selatan cocok untuk teman atau kerabat kamu yang menggemari segala sesuatu tentang Negeri Gingseng. Seiring semakin banyaknya fans drama Korea hingga K-Pop, bahasa Korea memang semakin familiar di telinga, termasuk ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea.

Ucapan happy birthday dalam bahasa Korea sendiri ternyata juga beragam. Penggunaan bahasa Korea untuk ucapan selamat ulang tahun ini harus disesuaikan dengan siapa kita mengucapkannya.

Berikut ini 10 ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea yang bisa menjadi inspirasi:

1. Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea yang Umum

Bagi kamu penggemar drama Korea tentu sudah sering mendengar kalimat ini. Secara umum, ada dua kalimat ucapan happy birthday atau selamat ulang tahun dalam bahasa Korea yang sering digunakan.

생일 축하합니다! = Saeng-il chuka hamnida
생일 축하해요! = Saeng-il chukahaeyo

Kedua kalimat memiliki arti yang sama yakni selamat ulang tahun. Kata "Saeng-il" berarti ulang tahun dan "chuka hamnida" berarti selamat.

Sementara penggunaan akhiran "yo" membuat ucapan happy birthday menjadi lebih sopan dalam bahasa Korea.

Kata "chuka hamnida" bahkan bisa digunakan untuk memberikan selamat atas keberhasilan atau kebahagiaan seseorang.

Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa KoreaUcapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea Foto: Dok. Wolipop

2.Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea yang Formal

Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea yang formal ditujukan untuk orang yang lebih tua. Kalimat ini juga bisa digunakan untuk orang yang memiliki pangkat lebih darimu saat mereka berulang tahun.

생신을 축하드립니다! = Saengsin-eul chukadeurimnida

Kalimat ini memiliki arti yang sama dengan ucapan selamat ulang tahun yang standar. Namun, ucapan ini terkesan lebih formal sehingga bisa digunakan untuk orangtua, guru, atau atasan kantor.

3. Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea yang Informal

Untuk teman yang seumuran, kamu bisa memilih ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea yang satu ini. Kalimat ini tepat digunakan beli teman akrab atau teman sebaya berulang tahun.

생일 축하해! = Saeng-il chukahae

Kalimat ini mirip dengan ucapan happy birthday dalam bahasa Korea secara umum. Yang membedakan hanya akhiran "yo" dan "imnida", sehingga kalimat ini terdengar lebih santai.

Agar lebih variatif, kamu bisa menambahkan kata "친구" yang dibaca "chingu" dan memiliki arti teman. Kata ini bisa ditambahkan di akhir kalimat sehingga bentuk ucapannya menjadi:

생일 축하해 친구! = Saeng-il chukahae chingu.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea untuk pasangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2