Foto Intim Selir Raja Thailand Bocor, Pelaku Diduga Orang Istana?

Pool - wolipop Minggu, 29 Nov 2020 17:51 WIB
Selir Raja Thailand Sineenat Wongvajirapakdi (Thailands Royal Office/AFP/Getty Images via CNN) Raja Thailand bersama selirnya. (Foto: Thailand's Royal Office/AFP/Getty Images via CNN)
Bangkok -

Foto-foto intim selir Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dikabarkan bocor di tengah publik. Siapakah pelakunya?

Keberadaan foto-foto intim Sineenat "Koi" Wongvajirapakdi pertama kali diungkit oleh seorang jurnalis politik Andrew MacGregor Marshall lewat sebuah utasan di Twitter baru-baru ini.

Ia mengaku, menerima sebuah amplop yang dikirim ke tempat tinggalnya pada Agustus 2020. "Di dalam amplop tersebut terdapat kartu memori SD yang berisikan 1443 foto dari tiga iPhone yang pernah dipakai Koi - iPhone 4S, iPhone 5S, dan iPhone 5," kicaunya di akun @zenjournalist seperti dikutip Mashable SE Asia baru-baru ini.

Hampir semua foto yang diterimanya disebut Andrew eksplisit secara seksual. Ia meyakini, besar kemungkinan foto-foto itu dibuat oleh Koi secara khusus untuk dikirim kepada Raja.

Penjelasannya berlanjut bahwa foto-foto syur tersebut terkait dengan situasi politik di Thailand.

Ia menerimanya tak lama setelah Sineenat Wongvajirapakdi keluar dari penjara karena dugaan pengkhianatan terhadap Raja. Gelar kehormatan dicopot hanya tiga bulan setelah ia menerimanya.

Menyusul pembebasannya, selir Raja Thailand mendapatkan gelarnya lagi. Menurut Andrew, hal tersebut dipandang sebagai ancaman oleh pendukung Ratu Suthida.

Dalam utas Twitter-nya, dia menunjukkan bahwa kembalinya Sineenat "ditentang dengan keras" oleh orang-orang istana yang telah berjanji mendukung Ratu Suthida.

Andrew yakin, foto-foto tersebut sengaja disebar untuk menyabotase kehadiran Sineenat di lingkungan Istana.

Kejadian serupa ternyata pernah terjadi pada 1996. Kala itu, Vajiralongkorn yang masih berstatus pangeran mendepak istri keduanya, Yuvathida Polpraserth, setelah foto-foto syurnya sampai ke tangan media massa dan bocor di internet.

Andrew sendiri menolak mempublikasikan foto-foto selir Raja Thailand itu. Menurutnya itu merupakan privasi dan dirinya tak akan mengungkapkannya.


Raja Thailand saat ini diketahui sedang menetap di Jerman. Padahal, pemerintah Jerman mengancam akan mengusir Raja Maha jika terbukti memerintah dari negeri Panser dan meninggalkan negaranya yang tengah dilanda demo terus menerus.

Demo Thailand menuntut Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha mengundurkan diri dan pembatasan kekuasaan Raja Maha. Protes sudah berlangsung sejak Juli 2020.

Deutsche Welle mengabarkan, meski Raja Maha memiliki kekebalan diplomatik selama masa tinggalnya di Jerman, tetapi negara tersebut tetap memiliki kekuatan untuk mengusirnya. Ancaman pengusiran ini sebelumnya diutarakan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

Hingga saat ini, pihak Istana, baik Raja Thailand, maupun selirnya, masih bungkam soal foto-foto intim tersebut.

(dtg/dtg)