Sinopsis 6 Days, Drama Penyanderaan Kedutaan Iran di London

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 28 Nov 2020 16:00 WIB
Film 6 Days Sinopsis 6 Days (Foto: Dok. Dog with a Bone Productions via IMDb)
Jakarta -

Film 6 Days menjadi sajian spesial di Bioskop Trans TV hari ini, Sabtu (28/11/2020). Film yang diangkat dari kejadian nyata ini bakal tayang perdana di layar kaca Indonesia pada pukul 22.00 WIB.

Dirilis pada 2017, 6 Days berada di bawah arahan sutradara Toa Fraser. Film ini juga menjadi debut Tao sebagai sutradara film panjang. Sebelumnya, ia pernah menyutradarai film dokumenter The Free Man.

Film 6 Days menampilkan aktor Jamie Bell sebagai bintang utamanya. Pada 2001, ketika berusia 15 tahun, ia menyabet penghargaan BAFTA Film Award untuk kategori aktor terbaik berkat perannya di film Billy Elliot.

Aktor lain yang terlibat di film ini antara lain Mark Strong, Abbie Cornish, Martin Shaw dan Emun Elliot. Tampil pula Ben Turner, Aymen Hamdouchi, Colin Moy dan Martin Hancock.

Sinopsis 6 Days

Film ini mengangkat kembali tragedi teroris menduduki kedutaan besar Iran untuk Inggris di London. Drama penyanderaan berlangsung selama enam hari sebelum berakhir tragis.

Pada 30 April 1980, enam orang asal Iran-Arab menyergap Kedutaan Iran yang berlokasi dekat Hyde Park. Dibawah kepemimpinan Salim (Ben Turner), mereka menuntut pembebasan 91 tahanan asal Arab di Iran. Jika tak dipenuhi, nyawa para sandera menjadi bayarannya.

Film 6 DaysJamie Bell di film 6 Days (Foto: Dok. Dog with a Bone Productions via IMDb)

Tim khusus dari angkatan udara Inggris ditugaskan untuk mengatasi situasi tersebut. Adapun tim tersebut berada di bawah komando Kopral Rusty Firmin (Jamie Bell).

Max Vernon (Mark Strong) dari kepolisian Inggris berusaha bernegosiasi dengan Salim demi membebaskan 26 sandera. Namun, negosiasi berlangsung alot dan tak membuahkan hasil baik.

Memasuki hari ke-5, Max mencoba memenuhi permintaan Salim, yakni menyiarkan permintaan mereka lewat televisi. Akhirnya, stasiun TV BBC ikut mengakomodasinya. Setelah siaran tersebut, dua tawanan dibebaskan.

Namun, keesokan harinya, situasi malah makin buruk. Terjadi pertumpahan darah. Satu nyawa sandera melayang di tangan teroris. Kopral Rusty yang juga berusaha mengeluarkan tawanan terluka parah.

Saksikan drama penyanderaan ini selengkapnya di film 6 Days yang tayang di Bioskop Trans TV hari ini pada pukul 22.00 WIB.

(dtg/dtg)