9 Drama Korea Terbaik Tentang Kehidupan Dokter

Lukita Wardani - wolipop Rabu, 25 Nov 2020 09:15 WIB
Rekomendasi drama Korea terbaik tentang dokter. Foto: Hospital Playlist (dok. Netflix) Rekomendasi drama Korea terbaik tentang dokter. Foto: Hospital Playlist (dok. Netflix)
Jakarta -

Kisah kehidupan dokter banyak diangkat dalam drama Korea. Ditambah kisah cinta dan persahabatan, drama Korea terbaik tentang dokter pun kerap meraih rating tinggi.

Drama Korea tentang dokter ini juga kerap mengangkat nilai-nilai kemanusiaan yang menyentuh hati. Salah satu drama Korea terbaik yang banyak menghadirkan kisah haru adalah Hospital Playlist. Drama Korea yang tayang di Netflix ini rencananya akan tayang musim keduanya pada 2021. Selain Hospital Playlist, ada beberapa drakor tentang dokter lainnya yang menjadi atensi pecinta K-drama.

Drama Korea Terbaik Tentang Dokter

1. Hospital Playlist

Drama Korea Hospital Playlist bercerita tentang kehidupan lima dokter yang bersahabat sejak sekolah kedokteran 20 tahun lalu. Mereka berlima memiliki spesialisiasi yang berbeda dan andal di bidangnya. Kelimanya bekerja di rumah sakit yang sama dan kerap menghabiskan waktu bersama dengan bermain musik di waktu senggang.

Drama Korea Hospital PlaylistDrama Korea Hospital Playlist Foto: tvN

Hospital Playlist yang diproduksi tvN dan tayang di Netflix terasa berbeda dengan kebanyakan drama Korea medis lainnya karena lebih menonjolkan cerita hidup dokter yang sederhana. Faktor pembeda lainnya, Hospital Playlist menghadirkan sisi lain kehidupan dokter, juga menggabungkan humor, romansa, dan kecemasan.

2. Life

Drama Korea Life bercerita tentang seorang dokter UGD (unit gawat darurat) yang diperankan oleh Lee Dong Wook sebagai Ye Jin Woo. Ia harus fokus dengan penanganan pasien dan di sisi lain menghadapi konflik dengan presiden rumah sakit yang lebih memikirkan bisnis.

Drama Korea Tentang DokterDrama Korea Terbaik Tentang Dokter Foto: Istimewa

Konflik utama dari drama Korea Life adalah antara idealisme menyelamatkan nyawa vs menghasilkan uang. Drama produksi JTBC yang tayang di Netflix ini akan memperlihatkan dua sudut pandang yang berbeda.

3. Golden Time

Golden Time bercerita tentang orang dua dokter yaitu Lee Min Woo (Lee Sung Gyun) dan Kang Jae In (Hwang Jung Eum), saat mereka memulai residensi di UGD di bawah asuhan spesialis trauma Choi In Hyuk (Lee Sung Min). Mereka belajar tentang arti menjadi seorang dokter sebenarnya, sementara di sisi lain harus masuk ke dalam sistem yang tidak lepas dari politik dan ketidakadilan.

Drama Korea Tentang DokterDrama Korea Terbaik Tentang Dokter Foto: Istimewa

Judul drama Korea tentang dokter ini berasal dari istilah yang digunakan dalam pengobatan darurat, 'golden hour'. Golden hour merupakan periode waktu penting segera setelah cedera traumatis di mana pengobatan dapat menjadi pembeda antara hidup dan mati.

Drakor Golden Time menjadi spesial karena menampilkan dua dokter pemula yang masih mempelajari seluk-beluk dunia kedokteran dan pasti akan membuat kesalahan. Drama ini dipuji karena menyoroti kebutuhan Korea untuk meningkatkan sistem perawatan trauma, yang masih menjadi tantangan hingga hari ini.

4. Medical Top Team

Seperti judulnya, Medical Top Team bercerita tentang tim dokter spesialis yang harus melakukan operasi kompleks. Dan yang membuatnya lebih sulit ialah para dokter harus melawan politik rumah sakit yang mengutamakan uang disbanding keselamatan dan kesembuhan pasien.

Drama Korea Tentang DokterDrama Korea Terbaik Tentang Dokter Foto: Istimewa

Tayang pada 2013, salah satu drama Korea terbaik tentang dokter ini menghadirkan pemain yang berkualitas. Hanya saja drakor ini banyak mendapatkan kritikan karena dialog dan bahasa medis yang digunakan terlalu rumit sehingga sulit dimengerti oleh penonton.

5. Hospital Ship

Hospital ShipHospital Ship, Drama Korea Terbaik Tentang Dokter Foto: MBC

Hospital Ship bercerita tentang sekelompok dokter yang bekerja di kapal medis yang melakukan perjalanan antar pulau kecil untuk memberikan perawatan gratis kepada penduduk pedesaan. Salah satu drama Korea terbaik tentang dokter ini menonjolkan dua karakter dengan kepribadian yang berlawanan: Song Eun Jae (Ha Ji Won) yang dingin dan tidak memihak dan Kwak Hyun (Kang Min Hyuk) yang baik hati. Terlepas dari perbedaan mereka, keduanya seiring berjalannya waktu terikat satu sama lain karena mereka dipaksa untuk bergulat dengan batin mereka.

Drakor Hospital Ship menarik ditonton karena meskipun karakternya sangat terampil secara teknis, mereka semua memberi ruang untuk kehidupan pribadinya dan menampilkan ketidaksempurnaan para dokter.

6. Doctor Stranger

Doctor Stranger berfokus pada ahli bedah kardiotoraks yang jenius, Park Hoon (Lee Jong Suk). Setelah menghabiskan masa kecilnya dengan terperangkap di Korea Utara bersama ayahnya, yang dipanggil ke sana untuk melakukan operasi jantung kepada Kim Il Sung, Hoon berhasil melarikan diri dari negara itu setelah dewasa.

Drama Korea tentang dokter berjudul Doctor Stranger.Drama Korea tentang dokter berjudul Doctor Stranger. Foto: istimewa

Sekembalinya ke Korea Selatan, dia dipekerjakan oleh rumah sakit ternama. Park Hoon memperlihatkan keterampilan bedahnya yang brilian termasuk kemampuannya yang luar biasa untuk segera mendiagnosis masalah hanya dengan menyentuh jantung seseorang.

Meskipun drama Korea ini tidak realistis, Doctor Stranger tetap menjadi tontonan yang menghibur, berkat plotnya yang mendebarkan dan penampilan berkualitas dari para pemerannya. Sangat menarik juga untuk melihat bagaimana Doctor Stranger menghadirkan politik seputar hubungan Korea Utara dan Selatan. Selain alur cerita yang sudah intens, drakor ini juga menghadirkan dendam, romansa, dan kompetisi operasi.

Next: Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tentang Dokter.

Selanjutnya
Halaman
1 2