Sinopsis Detroit, Film Garapan Pemenang Oscar Kathryn Bigelow

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 31 Okt 2020 16:00 WIB
Film Detroit Sinopsis Detroit (Foto: Francois Duhamel/Annapurna Pictures /IMDb)
Jakarta -

Film Detroit akan menjadi sajian spesial di Bioskop Trans TV hari ini, Sabtu (31/10/2020). Film bergenre drama ini tayang perdana di layar kaca Indonesia pada pukul 22.00 WIB.

Kisah Detroit sendiri diangkat dari kejadian nyata yang menjadi bagian dari sejarah kelam rasialisme di Amerika Serikat. Adalah Kathryn Bigelow, sutradara yang menggarap film keluaran 2017 ini.

Film DetroitFilm Detroit Foto: Francois Duhamel/Annapurna Pictures /IMDb

Sebelum Detroit, Kathryn Bigelow berhasil meraih kesuksesan lewat film The Hurt Locker (2008). Di ajang Academy Awards 2010, mantan istri sutradara David Cameron ini dinobatkan sebagai sutradara terbaik berkat film tersebut. The Hurt Locker juga membawa pulang penghargaan film terbaik.

Detroit menampilkan John Boyega, Chris Chalk dan Mason Alban sebagai bintang utamanya. Tidak ketinggalan, Michael Jibrin, Khris Davis dan Daniel Washington.

Sinopsis Detroit

Seperti dilansir dari detikHOT, film ini mengangkat peristiwa yang pernah terjadi di Detroit, Michigan, AS, pada 1967. Musim panas pada tahun itu, Detroit mengalami kerusuhan hebat karena isu rasialisme.

Kerusuhan tersebut mengarah ke kelompok sayap kanan Garda Nasional Michigan dan keterlibatan dua Divisi Lintas Udara Angkatan Darat Amerika Serikat.

Film DetroitSinopsis Detroit (Foto: Francois Duhamel/Annapurna Pictures /IMDb)

Kejadian ini menjadi mimpi buruk yang dikenang sebagai peristiwa kekerasan terberat di era tahun 1960-an. Kathryn Bigelow memfokuskan kejadian kerusuhan tersebut dengan menggulirkan ceritanya lewat penampilan sekelompok pemusik dari kalangan kulit hitam dan putih (serta dua pengunjung yang tidak beruntung dari Ohio) berkumpul di sebuah motel di sisi barat kota tersebut.

Kathryn Bigelow merangkai kengerian yang terjadi dari peristiwa kerusuhan karena warna kulit ini dari tokoh-tokoh lainnya meliputi eks tentara perang Vietnam, seorang penjaga keamanan berkulit hitam juga seorang polisi yang menembak mati tersangka penjarahan tak bersenjata.

LONDON, ENGLAND - AUGUST 16:  (L-R) John Boyega and director Kathryn Bigelow arrive at the 'Detroit' European Premiere at The Curzon Mayfair on August 16, 2017 in London, England.  (Photo by Tristan Fewings/Getty Images)John Boyega dan Kathryn Bigelow (Foto: Tristan Fewings/Getty Images)

Semua kejadian memilukan yang terjadi malam itu terangkum dan terkenang sebagai insiden Motel Algiers. Dalam peristiwa nyatanya, kejadian kerusuhan ini menelan korban. Tiga pria kulit hitam ditembak mati sementara dilaporkan sembilan orang lainnya diteror dan dipukuli.

Dengan bujet produksi yang mencapai US$ 34 juta, film ini hanya berhasil meraup keuntungan US$ 23 juta. Kendati demikian, Detroit mendapat sambutan positif dari kritikus film. IMDb bahkan memberinya skor 7.3 bintang.

Jangan lewatkan Detroit di Bioskop Trans TV hari ini pada pukul 22.00 WIB.

(dtg/dtg)