ADVERTISEMENT

Kisah Youssouf Fofana, Dulu Pengantar Pizza Kini Tanding di Final Piala Dunia

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 15 Des 2022 13:16 WIB
AL KHOR, QATAR - DECEMBER 14: Youssouf Fofana of France during the FIFA World Cup Qatar 2022 semi final match between France and Morocco at Al Bayt Stadium on December 14, 2022 in Al Khor, Qatar. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images) Foto: Getty Images/James Williamson - AMA
Jakarta -

Youssouf Fofana menjadi salah satu pemain timnas Prancis yang diantisipasi di Piala Dunia Qatar 2022. Sebelum ikut mengharumkan nama bangsa, pria tersebut ternyata menjalani masa-masa yang cukup berat. Ia pernah pesimis dengan kariernya di dunia bola. Karena itu, Fofana sempat beralih pekerjaan menjadi seorang pengantar pizza.

Pria 23 tahun tersebut sebelumnya dikeluarkan dari pusat pelatihan Clairefontaine di 2015. Karena itu, ia pernah berkecil hati bisa mewujudkan impiannya menjadi pemain bola profesional lalu mencari pekerjaan yang mudah. "Itu adalah cara terbaik untuk mendapat uang dan mencari mata pencaharian selama periode dalam karierku itu," ungkapnya dalam sebuah wawancara dilansir The Washington Post.

Meski sudah hampir beralih pekerjaan, Youssouf Fofana belum benar-benar melupakan impiannya. Tak lama setelah dikeluarkan, ia kembali berlatih selagi menjalani pekerjaannya mengantarkan pizza. Beberapa tahun kemudian, dedikasinya pun berbuah manis karena ia akhirnya dipilih oleh pelatih Didier Deschamps sebagai pemain timnas Prancis pada September lalu. Ia juga dipilih untuk bertanding di Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Fofana kesulitan untuk mendapatkan klub profesional. Ia pernah tergabung dalam klub amatir Drancy sebelum akhirnya dikontrak Strasbourg pada 2017. Meski awal kariernya tidak mulus, pemain muda itu tetap percaya pada dirinya. "Aku pernah punya keraguan tapi kamu harus tahu caranya bangkit," ujar Fofana.

Pemain bernomor punggung 19 itu debut di Ligue 1 melawan Lyon pada 2018. Ia kemudian pindah ke Monacco di 2020 sebelum bermain di Liga Eropa dengan klub barunya dua tahun terakhir. Di Piala Dunia, gelandang itu telah berlaga tiga kali tampil dalam tim Les Blues yang dipimpin Kylian Mbappé. Bermain di Piala Dunia pertama kali, Fofana pun mengakui bahwa suasana pertandingan bola akbar itu memang berbeda.

"Suasananya di sini sangat tegang, tegang, tegang. Aku tidak bercanda. Kita bisa pakai headphone jadi jika kita tidak suka musik yang dipilih untuk grup, kita bisa memilih musik kita sendiri," ujar Youssouf mengenai situasi di kamar ganti.

Prancis telah mengalahkan Maroko dengan skor 2-0 di Piala Dunia Qatar 2022 semalam. Youssouf Fofana dan tim akan melaju ke babak final bersama Argentina.

(sra/sra)