ADVERTISEMENT

Cerita Wanita Indonesia yang Jadi Tim Desain Mainan Lego, Kerja di Denmark

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 28 Nov 2022 15:15 WIB
Senior Product Graphic Designer Lego Niken Ayumurti Hartomo atau Nikki Markas Lego di Billund, Denmark. (Foto: Getty Images/Raimonda Kulikauskiene)
Jakarta -

Berawal dari hobi mengoleksi mainan, Niken Ayumurti Hartomo mengukir sejarah lewat pekerjaannya. Ia menjadi wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang bekerja di markas Lego, salah satu perusahaan mainan terbesar di dunia.

Nikki, begitu sapaan akrabnya, memulai kariernya di Lego pada Januari 2013. Sejak memproduksi mainan plastik pertamanya pada 1949, perusahaan berbendera Denmark ini belum pernah memiliki karyawan berkebangsaan Indonesia di markasnya di Billund. Sampai akhirnya Nikki diterima.

BILLUND, DENMARK - SEPTEMBER 25: An outside view of the LEGO House building on September 25, 2020 in Billund, Denmark. (Photo by Raimonda Kulikauskiene/Getty Images)Instalasi Lego di markas Lego (Foto: Getty Images/Raimonda Kulikauskiene)

Punya bakat mendesain, ia berada di balik layar untuk memastikan estetika Lego sebagai mainan anak sangat atraktif sekaligus fungsional. Memasuki tahun ke-10 bekerja di markas Lego, ia dipercaya memegang tanggung jawab sebagai Senior Product Graphic Designer Lego.

Bagaimana Nikki bisa sampai di Lego?

Di acara peluncuran kampanye Lego 'Permainan Terus Berubah' baru-baru ini, Nikki menceritakan, kecintaannya pada dunia anak yang mengantarnya ke Billund.

"Sebelum kerja di Lego, aku pernah jadi ilustrator buku cerita anak. Kebetulan aku juga kolektor mainan anak," ungkap Nikki secara virtual dari Billund.

BILLUND, DENMARK - SEPTEMBER 25: An outside view of the LEGO House building on September 25, 2020 in Billund, Denmark. (Photo by Raimonda Kulikauskiene/Getty Images)Foto: Getty Images/Raimonda Kulikauskiene

Singkat cerita, ia akhirnya melamar di Lego setelah mendengar info lowongan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakangnya. Setelah melalui tes yang berlapis-lapis, Nikki akhirnya diterima dan langsung pindah ke Denmark dari Indonesia.

Di Billund, ia menetap bersama suaminya dan seekor anak anjing Labrador. Menariknya, sang suami menyusul Nikki bekerja di Lego dan menjadi orang Indonesia kedua yang berkarier di sana.

Kantor Nikki berada di Lego Campus, salah satu gedung yang baru rampung dibangun di kompleks perkantoran Lego.


Berbagai fasilitas pendukung yang memaksimalkan produktivitas dan kreativitas karyawan, seperti area bermain, ruang interaksi, dan pusat kebugaran tentu membuat Nikki makin kerasan.

Senior Product Graphic Designer Lego Niken Ayumurti Hartomo atau NikkiSenior Product Graphic Designer Lego Niken Ayumurti Hartomo atau Nikki (Foto: Dok. Lego)

Namun, bekerja dengan rekan-rekannya dari berbagai penjuru dunia yang justru mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi Nikki.

"Ada 480 desainer dari 55 kebangsaan. Tim yang internasional dan beragam banget dengan sudut pandang global. Keberagaman tersebut menjadi salah satu dasar kami membuat desain. Setiap desainer tentu punya perspektif dan skill yang berbeda-beda, tapi justru itu yang memperkaya kami," katanya.

Sebagai Senior Product Graphic Designer, Nikki bertanggung jawab dalam mempersiapkan dekorasi minifigur Lego serta elemen-elemen pendukung seperti tekstil hingga sticker.

Salah satu karya Nikki adalah Lego Duplo seri Duplo Garden dan Duplo Animal Park. Ia juga yang mendesain produk Duplo untuk versi The Lego Movie dan Marvel. Tak hanya itu, Lego Van Gogh Starry Night dirilis karena ada andil Nikki.


"Dalam membuat mainan Lego, inspirasi kami tentu berasal dari anak-anak. Motto kami di Lego adalah 'children are our role model'. Saya ingin, setiap mainan yang saya desain bisa membawa kebahagian, senyum, keceriaan buat anak-anak," katanya.



Simak Video "Miss Universe Internasional Beri Lisensi ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)