ADVERTISEMENT

Viral Wisudawati Terbaik Hadir Wisuda Naik Truk Sampah, Ini Kisah di Baliknya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 06 Okt 2022 17:01 WIB
Seorang wisudawati kampus UMMY Solok Mitra Yoriskia (24) turun dari truk yang dikendarainya untuk menghadiri wisuda, Selasa (4/10/2022). Wisudawati viral mengendarai truk sampah di hari wisudanya. Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.
Solok -

Sosok wisudawati ini mendadak jadi perbincangan publik karena menghadiri acara wisudanya dengan mengendarai truk sampah. Wisudawati itu diketahui menjalani wisuda dari Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Kota Solok, Sumatera Barat.

Ialah Mita Yoriskia yang menjadi pusat perhatian karena mengendarai truk sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menuju lokasi acara wisudanya. Aksinya naik truk sampah datang wisuda pun viral.

"Saat wisuda kemarin memang saya sendiri yang mengendarai mobil truk DLH Kota Solok yang sehari-hari digunakan untuk mengangkut sampah," kata Mitra kepada Antara, Rabu (5/10/2022).

Mitra mengaku tidak merasa gengsi mengendarai truk sampah saat hadir di momen pentingnya. Mitra menuturkan dari pekerjaan di Dinas Lingkungan Hidup dan mengurus sampah tersebut, ia berhasil meraih gelar sarjana hukum.

"Ini sudah menjadi pekerjaan sehari-hari. Bahkan di lingkungan pekerjaan banyak teman-teman yang memberikan dukungan untuk lanjut kuliah," ungkap Mitra.

Seorang wisudawati kampus UMMY Solok Mitra Yoriskia (24) turun dari truk yang dikendarainya untuk menghadiri wisuda, Selasa (4/10/2022).Seorang wisudawati kampus UMMY Solok Mitra Yoriskia (24) turun dari truk yang dikendarainya untuk menghadiri wisuda, Selasa (4/10/2022). Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.

Wanita yang berusia 24 tahun itu sehari-harinya bekerja sebagai honorer di DLH Kota Solok sejak tahun 2018. Awalnya ia menjadi sukarelawan dan satu-satunya wanita di bidang kebersihan atau angkut sampah.

Berkat keinginan yang keras dan terus belajar, Mitra bisa membuktikan bahwa dirinya bisa hidup mandiri dan mengejar cita-citanya.

"Alhamdulillah pada tahun 2021 saya diangkat menjadi honorer bagian pengawas angkutan ambrol dan mobil truk DLH Kota Solok. Dari sinilah saya bisa kuliah dengan biaya sendiri," terangnya.

Sebelum kuliah di UMMY, Mitra pernah lulus SBMPTN di salah satu perguruan tinggi negeri jurusan olahraga. Namun, pada saat itu kondisi ekonominya tidak memungkinkan karena kedua orang kakaknya juga masih kuliah dan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

"Hingga akhirnya saya memilik bekerja dulu dan setelah itu baru bisa lanjut di kampus UMMY Solok," tuturnya.

Mitra kuliah di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Kota Solok dengan mengambil jalur non-reguler, sehingga bisa membagi waktu untuk bekerja. Ia merasa bersyukur karena pihaK DLH selalu mendukungnya untuk mengejar cita-citanya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Alhamdulillah kantor sangat mendukung saya untuk lanjut kuliah. Dari hasil kerja ini saya bisa bantu ayah yang hanya bekerja di bengkel dan ibu jualan di depan sekolah," ungkap Mitra.

Mitra merupakan wisudawati lulusan terbaik di kampus UMMY Kota Solok jurusan hukum dengan nilai IPK 3,73. Di akhir wawancara, Mitra menyebutkan rencananya usai lulus kuliah.

"Rencana ke depannya setelah ini mau daftar ke Kejakdaan atau Kemenkumham yang sesuai dengan jurusan," tutupnya.

(gaf/eny)