ADVERTISEMENT

Viral Verificator

Viral Ingin Foto Aesthetic Saat Wisuda, Wanita Ini Malah Ditipu Fotografer

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 07 Jun 2022 14:15 WIB
Beredar video viral di media sosial, sudah bayar Rp 750 ribu wisudawati ini ditipu fotografer abal-abal. Beredar viral wanita yang ditipu oleh fotografer saat wisuda. Foto: Dok. Instagram @statusfakta.
Jakarta -

Wisuda menjadi salah satu momen bahagia yang dinanti oleh para mahasiswa setelah lulus dan menyelesaikan tugas akhirnya sehingga bisa menyandang gelar sarjana. Oleh karena itu, para wisudawan atau wisudawati ingin mengabadikan momen istimewa itu dengan foto dan video.

Seperti yang dilakukan oleh wisudawati bernama Adelia. Ia sengaja memesan jasa fotografer untuk menangkap momen bahagianya saat wisuda bersama keluarga.

Namun Adelia merasa kecewa dengan hasil akhir foto yang diambil oleh fotografernya tersebut. Padahal ia sudah membayar mahal jasa fotografer tersebut. Adelia mencurahkan kekecewaannya melalui unggahan video TikTok. Kisah Adelia diunggah ulang oleh akun Instagram @statusfakta.

"Nyesek! Bayar mahal Rp 750 ribu, wisudawati ini kena tipu fotografer abal-abal," tulis akun @statusfakta.

[Gambas:Instagram]

Adelia dibikin nyesek ketika melihat foto-foto wisudanya yang dipotret oleh fotografer abal-abal. Menurut keterangan video @statusfakta, Adelia sudah lama mempersiapkan dana khusus untuk menyewa fotografer agar foto wisudanya terlihat aesthetic.

Kesepakatan awal harga jasa foto yang harus dibayarnya sebesar Rp 300 ribu. Ketika fotografer sampai di rumahnya, ia harus membayar dua kali lipat yakni Rp 750 ribu untuk 20 lembar foto.

"Tentu tidak sesuai dengan kesepakatan awal tetapi ia tetap membayarnya sebab sudah melakukan booking. Harga jasa semahal itu tidak sebanding dengan hasil jepretan dan editan foto wisudanya. Adelia nyesek melihat hasil foto-foto wisuda dia bersama orangtuanya," tulis akun @statusfakta.

Dari video terlihat, foto wisuda Adelia tampak seperti diambil asal-asalan oleh orang yang tidak terbiasa menggunakan kamera. Wajah Adelia terdapat cahaya matahari pada foto yang menggunakan baju wisuda dan toga. Selain itu, ketika Adelia berfoto dengan bapak dan ibunya malah seperti sedang melayang.

Beredar video viral di media sosial, sudah bayar Rp 750 ribu wisudawati ini ditipu fotografer abal-abal.Beredar video viral di media sosial, sudah bayar Rp 750 ribu wisudawati ini ditipu fotografer abal-abal. Foto: Dok. Instagram @statusfakta.

"Nyesek banget Rp 750 ribu tapi fotonya melayang," ucap Adelia dalam potongan video sambil memperlihatkan bukti tanda pembayaran.

Adelia kecewa dengan beberapa foto dengan orangtuanya juga tampak diambil fotografer secara asal-asalan. Latar belakang foto Adelia bersama orangtua terlihat diedit menggunakan handphone. Warganet langsung membanjiri kolom komentar dan menanggapi aksi fotografer tersebut.

"Kalau harga segitu mending yang resmi aja mbak di dalam," ucap pengguna Instagram @rinrinariyanti.

Beredar video viral di media sosial, sudah bayar Rp 750 ribu wisudawati ini ditipu fotografer abal-abal.Beredar video viral di media sosial, sudah bayar Rp 750 ribu wisudawati ini ditipu fotografer abal-abal. Foto: Dok. Instagram @statusfakta.

"Kasihan banget ketipu sampai segitušŸ˜¢," ujar akun @anink_ks.

"Waduh teganya," kaget akun @raras_saras.

"Ini mah perampokan," timpal akun @kalamar_alma.

"Duuuh skillnya," geregetan akun @tiandra.project.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Amalia Fauziah atau akrab disapa Adelia, sebagai pemilik video TikTok yang berisi curhatannya soal foto wisuda yang bikin nyesek. Adelia mengungkapkan alasan memilih fotografer yang hasil fotonya mengecewakannya..

"Pada video tersebut saya sedang melaksanakan wisuda dan saat itu keluarga saya ingin melakukan foto untuk mengabadikan momen, kenapa saya memilih fotografer tersebut, pertama saya mendapatkan info wisuda hanya satu minggu, setelah sekian lama. Saya daftar saya saat mau membooking salah satu photo studio yang saya inginkan ternyata sudah full booking, lalu saya mencari lagi ternyata pihak kampus menyediakan, tapi saat itu saya nggak bisa foto di sana karena protokol COVID-19, dan saya punya seorang adik yang tidak bisa dibawa masuk ke dalam gedung, jadi orangtua saya menyuruh foto di luar saja, di luar kampus banyak fotografer keliling," ungkap Adelia kepada Wolipop, Senin (6/5/2022).

Wanita yang tinggal di Tangerang Selatan itu menuturkan acara wisuda digelar pada 21 September 2021, di Universitas Pamulang. Saat perjanjian awal dia diminta membayar satu foto seharga Rp 30 ribu. Ketika itu Adelia melihat hasil foto sang fotografer terlihat bagus sehingga dia tertarik.

"Saya melakukan 6 sampai 7 foto, saya hanya mengisi nomor telepon dan alamat rumah akan dibawakan ke rumah. Lalu fotografer tersebut bilang, 'nanti hasilnya saya kirim WhatsApp kalau kurang bagus dan bisa dipilih-pilih.' Tapi selama satu bulan lebih saya menunggu kabarnya tak kunjung dikabarkan," kata Adelia.

Kemudian fotografer tersebut datang membawa hasil fotonya dengan memberi kwitansi seharga Rp 750 ribu dengan membawa 20 foto. Namun betapa terkejutnya Adelia saat melihat hasil fotonya.

"Ada yang dipotong orangnya dan diganti, seharusnya saya hanya membayar sekitar Rp 250 ribu, tetapi ternyata fotografer datang dengan menyerahkan harga tersebut dengan editan tersebut, dan termasuk album dan kaset yang saat itu saya tidak memesannya sama sekali, saya sudah komplain tapi jujur saya kasihan jadi saya memilih ya sudah, dengan harga tersebut menurut saya sangat mahal sekali dengan hasil yang mengecewakan karena kalau foto studio pun tidak semahal itu dan hasilnya bagus," tuturnya emosi.

"Saya tidak mengenal fotografer tersebut, saya menggunakan karena saat itu dia menawarkan jasanya saat saya sedang berada di sekitar kampus yang saat itu saya sedang wisuda," pungkas Adelia.

(gaf/eny)