ADVERTISEMENT

Kisah Sukses Mantan Pekerja Pabrik yang Jualan Es, Raup Rp 3 Juta dalam 3 Jam

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 17 Mei 2022 06:00 WIB
badar, penjual es campur Foto: Dok. YouTube Money Fighter
Jakarta -

Seorang pria bernama Badar menceritakan kisah suksesnya berjualan es. Meski sederhana, Badar mengaku bisa mendapatkan jutaan rupiah per harinya. Tak langsung laris berjualan, ia sempat mengalami kesulitan dan menjalani pekerjaan lain, termasuk kuli panggul. Membagikan tips membangun usaha, Badar menyarankan para pemula untuk menjauhi hal mistis hingga mengutamakan sabar dan fokus.

Badar berjualan berbagai macam es di Sukabumi, Jawa Barat. Sebelumnya ia mengaku pernah menjadi tukang panggul di pasar hingga supervisor di pabrik. Suatu hari, Badar mendapat 'kesempatan emas' ketika pabriknya bangkrut. Ketika itu, ia akhirnya bisa keluar dari zona nyaman lalu memutuskan untuk berjualan berbekal uang pesangon.

"Buat saya itu kesempatan emas karena kalau semakin pabrik maju semakin saya menggeluti terus semakin betah jadi zona nyaman," katanya dalam akun YouTube Money Fighter.

badar, penjual es campurbadar, penjual es campur Foto: Dok. YouTube Money Fighter

Meski bertekad untuk buka usaha, Badar mengaku awalnya tidak mudah untuk berjualan karena masih gengsi. "Keluar dari pabrik kayak takut karena mental nge-down. Apalagi saya supervisor di pabrik, dorong roda ada malunya tapi saya paksain. Malunya sehari dua hari, seminggu udah biasa. Apalagi kalau ramai tambah semangat," ungkap pria yang menjajakan delapan macam es itu.

Sempat berpindah-pindah berjualan Badar akhirnya memilih menjajakan es di dekat rumahnya. Ketika itu, ia mengatakan sempat gengsi karena dilihat tetangga dan mantan anak buahnya di pabrik bahkan diolok-olok karena pekerjaan barunya itu. Untungnya, di sana Badar malah mendapat banyak pelanggan karena buah kesabarannya.

Dalam video, pria tersebut mengaku percaya rezeki sudah diatur Tuhan tapi butuh proses untuk mendapatkannya. Selama proses tersebut, Badar pun memberikan saran sesuai dengan pengalamannya berjualan es selama lima tahun belakangan. Terlebih untuk yang baru terjun membuka usaha, menurutnya penting untuk menghilangkan gengsi.

badar, penjual es campurbadar, penjual es campur Foto: Dok. YouTube Money Fighter

"Orang baru pertama jualan itu cepat tersinggung apalagi kalau nggak laku kayak dilihatin gitu. Tipsnya kalau mau jualan pertama hilangin gengsi, yang kedua jangan baper, yang ketiga harus teguh usaha harus fokus. Contohnya saya dagang es mau hujan, mau panas, mau dapat duit, mau kagak itu harus jalan, harus berangkat," kata pria yang menjual es seharga Rp 5 ribu sampai Rp 8 ribu itu.

Badar menekan pentingnya bersabar, tersenyum, dan bekerja dengan cepat. "Prinsipnya dagang jangan terlalu banyak mistis, intinya kerja keras, sabar, serahin kepada Allah,"

Kini Badar bisa mendapatkan Rp 3 juta dalam waktu tiga jam saja. Jualannya pun hampir selalu habis terutama ketika bulan Ramadhan. Ia sendiri masih turun tangan melayani pembeli meski seorang bos. "Jangan sampai karena saya bos saya digaji sama karyawan itu nggak elok. Karyawan kerja, saya kerja," tutur Badar.

(ami/ami)