Kartini Masa Kini, Kisah Ojol Perempuan Jadi Tulang Punggung Keluarga

Erika Dyah - wolipop Kamis, 21 Apr 2022 13:31 WIB
Driver Shopeefood Foto: Pribadi
Jakarta -

Memaknai perjuangan pahlawan nasional RA Kartini di peringatan Hari Kartini 21 April tak hanya bisa dilakukan dengan mengenang sejarahnya. Namun juga bisa dilakukan dengan meneladani kisah-kisah inspiratif dari 'Kartini' masa kini yang terus berjuang setiap hari, salah satunya kisah driver ojek online (ojol) pengantar makanan perempuan asal Jakarta ini.

Perempuan bernama Nuzula Silvia merupakan seorang pengemudi ojol pengantar makanan asal Jakarta yang berhasil mengangkat ekonomi keluarga setelah melewati perjuangan panjang. Ia mengaku arah hidupnya berubah menjadi jauh lebih baik setelah bergabung sebagai ojek online di armada ShopeeFood.

"Kalau suami lagi enggak dagang, saya pinjam motornya buat nge-bid, tapi kalau dia dagang, saya tungguin sampai selesai, baru nanti saya pinjam," ucap Nuzula dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Diketahui, Nuzula tinggal bersama sang suami dan anaknya di Kampung Melayu Kecil, Bukit Duri, Jakarta Selatan. Wanita kelahiran tahun 1987 ini awalnya bekerja sebagai pegawai toko elektronik di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Namun, kondisi tubuhnya yang terus menurun pasca terinfeksi COVID-19 membuatnya tidak bisa lagi bekerja dengan jam yang terlalu padat. Situasi ini pun membuatnya harus mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah ditekuni selama 10 tahun ke belakang.

Ia bercerita hilangnya pekerjaan itu berdampak sangat besar terhadap kondisi ekonominya. Sebab selama ini sumber penghasilan utama keluarga berasal dari gajinya sebagai pegawai toko.

Driver ShopeefoodDriver Shopeefood Foto: Pribadi

Nuzula mengatakan penghasilan sang suami dari hasil berdagang baju kaki lima di Glodok tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup pokok keluarganya. Dalam satu hari, hanya satu atau dua helai pakaian yang terjual sehingga terkadang sang suami pulang tanpa membawa uang. Selain itu, sang suami pun memiliki keterbatasan fisik pada tulang kaki, diabetes, dan darah tinggi akut yang membuatnya tidak bisa beraktivitas secara maksimal.

Untuk itu, Nuzula berjuang menambah penghasilan keluarga dengan bekerja sebagai tukang setrika keliling untuk tetangganya. Sayangnya, penghasilan dari pekerjaan di lingkungan Kampung Melayu masih belum bisa menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga.

"Saya muter otak, kalau begini terus bisa-bisa saya nggak makan. Akhirnya, suami yang kasih saran, coba daftar ShopeeFood aja. Nanti motornya kita pakai gantian," ungkap Nuzula.

Driver ShopeefoodDriver Shopeefood Foto: Pribadi

Siapa sangka, keputusannya banting setir menjadi driver ojek online akhirnya membuahkan hasil yang manis. Nuzula mengaku penghasilannya sebagai driver ojol mampu mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bahkan, cukup untuk mencicil motor baru sebagai kendaraan untuk 'ngojek' dan membayar sewa rumah baru di daerah Kampung Melayu II, Bukit Duri, Jakarta Selatan.

"Target saya minimal Rp 100 ribu sehari, itu kalau sepi. Tapi kalau lagi ramai, saya bisa dapat hampir ratusan ribu dalam sehari," akunya.

"Alhamdulillah, saya sekarang sudah punya motor sendiri walaupun masih nyicil, saya sama suami dan anak juga tinggal sendiri, kalau dulu kan masih tinggal sama mertua, desak-desakan," jelas Nuzula.



Simak Video "Suasana Doa Bersama di Monumen Ari-ari RA Kartini"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)