ADVERTISEMENT

Sosok Françoise Bettencourt yang Jadi Wanita Terkaya 2022, Ini Pekerjaannya

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 10 Apr 2022 04:00 WIB
Francoise Bettencourt Foto: Francoise Bettencourt/Dok: Forbes
Jakarta -

Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia. Meski masih didominasi oleh pria, tak sedikit wanita yang tercatat punya banyak harta. Françoise Bettencourt Meyers pun menjadi wanita terkaya di 2022.

Sudah dua kali menempati posisi tersebut, Francoise diprediksi memiliki S$ 74,8 miliar atau sekitar Rp 1.000 triliunan. Apa pekerjaannya?

Menjadi wanita terkaya, Françoise Bettencourt Meyers bisa dibilang juga mendapatkan sebagian hartanya karena wanita. Ia adalah pewaris perusahaan kosmetik L'Oreal yang bergerak di bidang perawatan diri. Kekayaannya pun mengalami peningkatan sebanyak $ 1,2 miliar dari tahun lalu.

Françoise sendiri menyandang posisi sebagai vice chair of the board of L'Oréal yang merupakan perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Ia merupakan cucu dari Eugène Paul Louis Schueller yang mendirikan bisnis tersebut di 1909. Wanita 68 tahun asal Perancis itu jadi langganan masuk daftar orang terkaya setelah ibunya, Liliane Bettencourt, meninggal dunia pada 2017.

Meski mendapatkan hartanya dari sang ibu, hubungan Françoise dan Liliane diketahui tak selalu baik. Françoise pernah menuduh ibunya terpengaruh oleh orang-orang jahat yang mengincar kekayaannya. Untungnya, kedua wanita tersebut kemudian berdamai dan Françoise tetap mendapatkan semua uang yang diwariskan kepadanya.

Françoise dan keluarganya sendiri memiliki 33% saham L'oreal. Ia sudah menjadi anggota dewan perusahaan sejak 1997. Kedua anaknya Jean-Victor Meyers dan Nicolas Meyers juga punya posisi sehingga bukan tidak mungkin menjadi orang terkaya selanjutnya.

Sebagai perusahaan kecantikan terbesar di dunia, grup L'Oreal membawahi lebih dari 35 brand kosmetik, perawatan wajah, dan perawatan diri lainnya. Beberapa merek yang dikenal publik, seperti Maybelline, Garnier, dan Nyx.

(ami/ami)