Cinta Laura-Najwa Shihab Dukung UMKM Wanita di Stellar Accelerator 2022

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 13 Jan 2022 12:45 WIB
Stellar Power Accelerator 2022 Foto: Instagram @stellarwomen.id
Jakarta -

Meski dihadapkan dengan pandemi, geliat wanita untuk berbisnis belakangan justru semakin tinggi. Berdasarkan survei Google Kantar 2020, angka partisipasi pebisnis wanita Indonesia termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara. Sedangkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Besar menunjukkan jika 60% UMKM juga dikelola oleh wanita. Hal ini membuktikan peran mereka dalam dunia usaha yang tak bisa diremehkan.

Dari survei terungkap pula delapan dari 10 wanita yang sudah atau ingin berwirausaha berkeinginan untuk meningkatkan keterampilan. Mengetahui semangat dan potensi pebisnis wanita Indonesia, Stellar Accelerator pun kembali diadakan. Program akselerator bisnis itu tahun ini membawa lebih dari 45 ahli sebagai pembicara.

Stellar Power Accelerator 2022 adalah program akselerator terbesar di Indonesia yang diadakan untuk pengusaha wanita. Acara ini berfokus untuk membantu membukakan akses kepada mereka yang ingin belajar dan mengembangkan bisnis dalam hal pengetahuan hingga pendanaan. Dalam Stellar Power Accelerator, para peserta akan diberikan berbagai dukungan mulai dari penjualan, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia.

Acara ini sendiri dipelopori oleh Komunitas Stellar Women. Komunitas itu dimulai tiga tahun lalu ketika beberapa founder-nya terpikir untuk mendukung sesama wanita dalam merintis bisnis. Menurut founder Samira Shihab, wanita sering kali mendapati diri mereka kesulitan dan kesepian dalam mendirikan usaha. Di sisi lain, ia melihat potensi pebisnis wanita di Indonesia sangatlah besar.

"Wanita cenderung punya banyak peran jadi mereka sering melupakan impian mereka sendiri tapi mereka juga punya banyak potensi," ujar dalam acara Road to Stellar Accelerator 2022 Powered by L'Oreal Paris di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu, (12/1/2022).

Stellar Power Accelerator tahun ini diadakan untuk kedua kalinya. Tahun kemarin, acara tersebut mendapat respon yang cukup sukses terlebih digelar dalam situasi di mana banyak wanita merasa butuh inspirasi dan harapan di tengah pandemi. Tahun ini akselerator itu kembali diselenggarakan dengan menggandeng L'Oreal Paris sebagai mitra utama.

L'Oreal Paris sendiri melihat kesamaan program Stellar Power Accelerator dengan misi brand mereka. "Sebagai brand yang mendukung pemberdayaan wanita, kami baru mulai menunjukkan aksi nyata untuk wanita Indonesia bisa lebih percaya diri mengejar jalan mereka sendiri. Bukan cuma di iklan tapi benar-benar help them in their lives karena wanita yang aktualisasi diri pasti lebih bahagia," ujar Maria Adina selaku Brand General Manager L'Oréal Paris.

Selama delapan minggu pelatihan melalui Kelas Stellar Power Accelerator yang diadakan virtual, para peserta akan mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam melalui sesi perkuliahan, kelompok mentorship, maupun diskusi dengan sesama pengusaha wanita. Beberapa pembicara yang akan membagikan ilmu dan pengalamannya, antara lain Uma Hapsari (Founder of Amazara.id), Teresa Wibowo (CEO RupaRupa), Dinda Puspitasari (Illustrator), Prita Ghozie (CEO ZAP Finance), Lisa Widodo (COO Blibli), Najwa Shihab (Founder Narasi), hingga Cinta Laura (Aktris dan Aktivis).

Sebanyak 300 peserta terpilih nantinya akan mendapatkan kesempatan khusus untuk bergabung dalam kelompok mentoring. Adapun dukungan pendanaan untuk peserta yang lolos tahap kurasi proposal bisnis dengan total hadiah Rp 50 juta. Pendaftaran peserta Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L'Oréal Paris pun telah dibuka. Harga kelasnya dimulai dari Rp 85 ribu per sesi atau Rp 399 ribu untuk satu rangkaian.

(ami/ami)