Cerita Crazy Rich Malang Dulu Jual Skincare dari Rumah Kini Go International

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 24 Des 2021 06:00 WIB
Foto Maharani Kemala dan Shandy. Foto Maharani dan Shandy. Foto: Dok. Instagram @shandypurnamasari.
Jakarta -

Pengusaha kosmetik ini menjadi sorotan publik, karena mempunyai perjalanan panjang dan kisah sukses yang bisa menginspirasi dalam dunia bisnis. Ialah Shandy Purnamasari yang dikenal sejak ia berhasil mendirikan produk kecantikan MS Glow pada 2013 di Malang, Jawa Timur.

Jejak kesukesannya berawal sejak Shandy mengembangkan produk perawatan kulit dan skin care secara online. Ia bersama sahabatnya Maharani Kemala dan para suami mereka yaitu Gilang Widya Pramana dan Dewa Gede Adipura memulai bisnis MS Glow.

Hingga kini MS Glow berhasil membuka klinik kecantikan yang tersebar di kota besar Indonesia. Dan pastinya klinik kecantikan tersebut telah menghasilkan omzet miliaran rupiah. MS Glow juga mempunyai banyak reseller di berbagai wilayah Tanah Air.

Foto Dewa Gede, Maharani Kemala, Shandy, dan Gilang.Foto Dewa Gede, Maharani Kemala, Shandy, dan Gilang. Foto: Gresnia/Wolipop.

Selain itu MS Glow juga mempunyai kantor dan pabrik sendiri di Jakarta. Tak hanya itu saja, pencapaian Shandy Purnamasari dan Gilang Widya Pramana lainnya adalah mempunyai pesawat pribadi di usia mereka yang kurang dari 29 tahun.

Pada Desember 2021 ini, MS Glow merayakan ulang tahun yang ke-5. Pada kesempatan hari jadinya, keempat pendiri MS Glow mengenang perjalanan dan pencapaian brand kecantikan tersebut.

"Semua ini berawal dari passion kita sebagai perempuan untuk merawat dirinya kepengen cantik. Karena sebenarnya kalau kita bisa merawat diri dengan tepat, kita akan cantik menurut versi kita masing-masing," ungkap Shandy di acara MS Glow ulang tahun ke-5 Inspirasi Nusantara, Rabu (22/12/2021) malam di The Ritz Calton Pacific Place.

Dewa Gede, Maharani Kemala, Shandy, dan Gilang.Dewa Gede, Maharani Kemala, Shandy, dan Gilang. Foto: Gresnia/Wolipop.

Pada saat itu, Shandy sebagai wanita yang sudah menikah dan di rumah saja untuk merawat suami dan anaknya, ingin tetap bisa mandiri. Dia ingin memiliki penghasilan sendiri.

"Saya ingin punya penghasilan sendiri. Dan tidak menggantungkan diri saya kepada suami saya. Pada saat itu saya melanjutkan hobi saya berjualan online. Tahun 2013 belum banyak yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan, tapi saya memanfaatkan itu untuk berjualan. Karena saya melihat peluang di situ. Dan Alhamdulillah ternyata media sosial, market place telah mempertemukan dengan seluruh reseller saya dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.

"Dan sampai akhirnya saya berterima kasih kepada Allah karena dipertemukan oleh wanita hebat (Maharani Kemala). Dan mendirikan MS Glow bersama," tambah Shandy sambil terharu.

Rekan dan sahabat Shandy, Maharani juga mengisahkan bagaimana dirinya dulu sebelum sukses mendirikan MS Glow. Dulunya dia adalah seorang pegawai bank. Dia bertemu dengan Shandy lewat media sosial.

"Aku dulu lewat BBM ,setelah dua tahun kita ketemuan dan 12 Juni 2016 aku masih inget banget, aku bersyukur kepada Shandy, mas Gilang dan tim berkat kalian MS Glow bisa sampai sekarang," tuturnya.

Gilang sebagai suami dan partner bisnis Shandy, merasa bersyukur karena dia bisa mengembangkan bisnis bersama istrinya dan dua rekan mereka. "Saya sangat bersyukur bisa bertemu dengan bidadari cantik saya. Berkat Shandy, Maharani dan Dewa Gede kami bisa mengembangkan bisnis ini," ucapnya.

Shandy mengungkapkan selama lima tahun mengembangkan MS Glow, dia telah melewati cacian, makian, dan tangisan. Oleh karena itulah Shandy berharap brand kecantikannya bisa menjadi produk kecantikan yang berbeda, pertama dan trend setter di dunia industri kecantikan.

Rencana Shandy Purnamasari dan Gilang Setelah 5 Tahun MS Glow Berdiri

Gilang menjelaskan MS Glow berharap bisa menjajaki pasar global. Dia dan timnya tidak hanya ingin berjualan produk kecantikan di skala lokal saja.

"Sejak awal kita memang tidak hanya bisa berjualan lokal saja. Tapi bisa berjualan di luar negeri. Lagi kita persiapkan legalitasnya. Di tahun depan memang kita akan go international," jelas pria yang dijuluki Crazy Rich Malang itu.

"Dan sebenarnya seller kita tidak hanya ada di Indonesia. Tapi juga di luar negeri banyak sekali, dan kita siap untuk bersaing di pasar global. Kita sampai kampanye ke New York dan brand ambassador kita sudah ada dari Korea," tambah Shandy Purnamasari.

Maharani menambahkan tujuan MS Glow menggandeng brand ambassador dari Korea karena ingin produknya go international. "Mudah-mudahan menjadi brand awareness yang berada di luar Indonesia mengetahui produk Indonesia. Semoga kita pemuda bisa membawa produk asli Indonesia go international dan sangat digemari oleh warga internasional," harap Maharani.

(gaf/eny)