Kisah Shandy Purnamasari Bos MS Glow, Dulu Jual Jersey Kini Punya Klub Bola

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 11 Nov 2021 07:00 WIB
Foto Shandy Purnamasari. Foto: Dok.Instagram @shandypurnamasari. Foto Shandy Purnamasari. Foto: Dok.Instagram @shandypurnamasari.
Jakarta -

Shandy Purnamasari dikenal sejak ia berhasil mendirikan produk kecantikan MS Glow pada 2013 di Malang, Jawa Timur. Jejak kesukesannya pun menjadi inspirasi oleh wanita di Tanah Air.

Awalnya Shandy mengembangkan produk perawatan kulit dan skin care melalui online. Ia bersama Maharani Kemala memulai bisnis MS Glow.

Hingga kini MS Glow berhasil membuka klinik kecantikan yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia. Dan pastinya klinik kecantikan tersebut kini telah menghasilkan omzet miliaran rupiah.

Belum lama ini brand MS Glow pun meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). MS Glow mencetak rekor untuk penjualan produk dengan jaringan terbanyak di Indonesia.

Pencapaian Shandy Purnamasari lainnya yang membuat takjub adalah dia sudah mempunyai pesawat pribadi di usia yang kurang dari 29 tahun. Dan saat ini bersama suaminya Gilang Widya Pramana, Shandy menjadi pemilik klub sepakbola Arema FC.

Shandy Purnamasari yang memutuskan berhijab.Shandy Purnamasari, pemilik MS Glow. Foto: Dok. Instagram @shandypurnamasari.

Jatuh Bangun Kehidupan Shandy Purnamasari

Segala pencapaian yang kini dimiliki Shandy Purnamasari tidak diraihnya dengan mudah. Shandy mengungkapkan kehidupan masa kecilnya yang membuatnya harus tetap bertahan dan berjuang dalam hidup. Ia berasal dari keluarga kurang mampu.

"Aku itu harus sekolah di negeri agar aku bisa sekolah. Dan aku harus bisa dapat rangking 10 besar untuk dikasih cokelat. Itu yang membuat aku merasa ditantang," kata Shandy di Youtube FemaleDailyNetwork.

Berkat tantangan dan didikan dari kedua orangtuanya, ia tumbuh menjadi wanita yang memiliki value atau nilai dalam hidupnya. Shandy terus bersekolah di sekolah negeri hingga perguruan tinggi.

Shandy Purnamasari, pendiri brand kecantikan MS Glow.Shandy Purnamasari, pendiri brand kecantikan MS Glow. Foto: Dok. Instagram @shandypurnamasari.

Shandy Jualan Online Sejak Sekolah

Dunia bisnis yang kini sukses dijalaninya sudah dicobanya sejak muda. Wanita kelahiran 10 Oktober 1991 itu menuturkan telah berjualan online sejak kuliah. Ia memanfaatkan media sosial Facebook dan Blackberry, untuk menjual produknya.

"Aku punya Blackberry itu dari hasil jualanku. Dari sekolah aku sudah jualan baju sarimbit, batik yang couple-an. Biasanya aku ambil fotonya dari toko orang. Terus fotonya aku jualin lagi," tuturnya.

Agar bisa membayar kuliah, Shandy Purnamasari juga menjual jersey bola, jaket, baju, dan sepatu bola. "Aku cuma copas foto aja lho, supaya bisa bayar kuliah. Dulu jual jersey bola sekarang punya klub bola hehee," ujarnya lagi.

Shandy menuturkan sebelum menyelesaikan kuliah, ia sudah menikah dengan Gilang Widya Pramana. "Mas Gilang berpesan kepada aku, nggak boleh bekerja di luar. Tapi dasarnya aku kuliah sudah pegang uang sendiri," kata ibu dua anak itu.

Setelah menikah, Shandy melihat peluang untuk mencoba bisnis yang berbeda. Pada saat itu dia pindah dari Surabaya ke Malang dan tidak bisa menemukan produk kecantikan yang biasa dipakainya.

"Waktu itu aku mikir, kenapa nggak bisa dikirim aja. Kalau aku beli harus beli langsung ke Surabaya. Dan aku menangkap peluang," ujarnya.

Shandy kemudian membeli produk kecantikan racikan dokter yang merupakan tetangganya. Produk itu dijual olehnya secara online di Malang. Dan pada saat itu sekitar tahun 2013, belum banyak orang yang memakai media sosial untuk berjualan.

"Dulu awal jualan pakai Instagram, Facebook, Kaskus, Tokobagus dan pokoknya aku manfaatin semuanya. Karena dulu orang manfaatin media sosial untuk selfie dan liburan," ucapnya sambil tertawa.

Lalu bagaimana kisah Shandy hingga akhirnya bisa mengembangkan produknya? Klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2