Ciri-ciri Kepribadian Sanguinis, Orang yang Nyaman Jadi Pusat Perhatian

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 08 Okt 2021 17:30 WIB
Ilustrasi wanita makan buah apel Foto: Thinkstock
Jakarta -

Berdasarkan teori empat temperamen, karakter manusia bisa dibagi menjadi sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Di antara tipe-tipe kepribadian tersebut, sanguinis adalah orang yang paling ekstrovert dan suka bersosialisasi. Kamu yang ingin mendalami kepribadian sanguinis bisa mengenali ciri-cirinya berikut ini:

Arti Kepribadian Sanguinis

Empat temperamen adalah teori proto-psikologis yang berakar dari teori humorisme kuno yang kemudian dikembangkan menjadi teori medis tabib Yunani Hippokrates. Ia percaya bahwa mood, emosi, dan sikap tertentu dipengaruhi karena kelebihan atau kekurangan cairan tubuh. Cairan tubuh yang mendominasi itu lah yang membentuk sikap mereka.

Pernah melakukan tes tes kepribadian sanguinis, melankolis koleris atau plegmatis? Dari empat tipe kepribadian, sanguinis bisa jadi yang dibilang paling mencuri perhatian. Cairan yang dikatakan paling mendominasi pada kepribadian sanguinis adalah darah. Hal itu mempengaruhi sikap mereka yang suka bersosialisasi, berpetualang, mencari kesenangan juga tantangan.

Ciri-ciri Kepribadian Sanguinis

Sanguinis adalah orang yang suka berada di tengah kerumunan. Karena itu, mereka nyaman menjadi pusat perhatian, memimpin percakapan, dan aktif berpartisipasi. Bisa dibilang sanguinis adalah kebalikan dari plegmatis. Sanguinis juga tipe orang yang tidak bisa pasif dan tidak masalah terlibat dalam hal-hal berisiko atau menantang sehingga mudah bosan.

Kamu bisa dengan mudah menemukan orang-orang dengan tipe kepribadian sanguinis karena kecenderungan sikap yang ekspresif juga populer. Mereka tak ragu menunjukkan emosi baik secara positif atau negatif. Selain itu, sanguinis juga dikenali karena kepercayaan diri tinggi dan suka melucu.

Kelebihan Sanguinis

Sanguinis adalah tipe kepribadian yang punya banyak kelebihan dalam bersosialisasi seperti yang disebutkan di atas. Hal lain yang menjadi keunggulan sanguinis adalah sikap optimis. Sesuai dengan namanya, mereka lebih suka melihat segala sesuatu dari sisi baik dan percaya bahwa hidup adalah perjalanan yang menyenangkan.

Hal lain yang juga perlu diapresiasi dari tipe kepribadian sanguinis adalah mereka mudah memaafkan dan melupakan kesalahan. Sanguinis bukan tipe pendendam tapi juga berekspektasi orang lain untuk mudah memaafkannya juga.

Kekurangan Sanguinis

Punya banyak kelebihan, sanguinis tentu juga ada kekurangan. Karena suka jadi perhatian, mereka bisa jadi orang yang selalu mencari atensi dari orang-orang sekitar. Mereka perlu keyakinan dalam hubungan dengan diberi perhatian, waktu, dan hadiah.

Dilansir Better Help, sanguinis juga cenderung kurang memikirkan masa depan sehingga kadang tidak mempersiapkan perencanaan atau masa depan dengan baik. Sedangkan sifatnya yang suka jadi pusat atensi dan pandai berkomunikasi membuat sanguinis cenderung sering membual atau membesar-besarkan cerita atau perasaan.

Pekerjaan Sanguinis

Kepribadian sanguinis yang nyaman diberi atensi membuat mereka paling cocok menjadi penghibur, selebriti, atau orang yang berada di depan sebagai 'wajah' atau perwakilan. Sanguinis juga dikenal kreatif sehingga cocok bekerja contohnya di dunia fashion, pariwisata, marketing, bahkan kuliner

(ami/ami)