Ciri-ciri Kepribadian ENTJ, 'Komandan' yang Punya Kepribadian Langka

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 29 Sep 2021 14:21 WIB
Young business woman having a break drinking an hot coffee on the rooftop of his office building in downtown Seoul, South Korea. Foto: iStock
Jakarta -

Tes kepribadian MBTI sering diandalkan untuk mengenali karakteristik seseorang lebih dalam. Kamu yang mendapati diri sendiri atau orang tersayang punya tipe kepribadian ENTJ, patut mengetahui seperti apa ciri-cirinya. ENTJ sendiri dikenal sebagai 'komandan' yang suka memimpin dan punya pemikiran rasional.

Arti Kepribadian ENTJ

ENTJ adalah kependekan dari Extraversion, Intuition, Thinking, Judgment. Bisa maksud dari ENTJ adalah kepribadian extrovert yang mengutamakan intuisi, kemampuan berpikir yang mengandalkan fakta dan logika, dan menilai sesuatu untuk merencanakan hasil akhirnya.

Kepribadian ENTJ pun termasuk tipe MBTI yang langka. Dikatakan jika di dunia hanya ada sekitar 1,8% orang memiliki kecenderungan kepribadian demikian. Beberapa karakteristik paling menonjol dari mereka adalah keinginan, energi, dan rasa kompetisi yang kuat juga pintar membuat strategi. Karena itu, mereka cocok jadi 'komandan' atau pemimpin.

Kelebihan ENTJ

Apa saja hal-hal positif dari seorang ENTJ? Berikut di antaranya:
- ENTJ biasanya adalah orang yang cukup efesien dalam menyelesaikan masalah. Mereka tidak suka orang-orang tidak rasional atau malas.
- ENTJ juga mudah dikenali karena kepribadian mereka yang enerjik. ENTJ suka menjadi pemimpin karena mereka memiliki banyak energi untuk membuat perencanaan dan mencapai tujuan.
- Percaya diri tinggi bukan hal yang aneh bagi pemilik tipe kepribadian MBTI ini baik dalam bersikap atau beropini.
- Mereka juga orang yang kuat dalam tekadnya untuk mencapai tujuan. Karena itu, ENTJ juga tekun mencari strategi dalam menangani krisis.
- Sebagai pemimpin, mereka punya jiwa karismatik dan kemampuan untuk mengnispirasi sesama agar mau mengikuti arahannya.

Kekurangan ENTJ

Punya banyak kelebihan sebagai pemimpin, kepribadian ENTJ juga memliki kekurangan karena sifat-sifat itu.
- ENTJ bisa jadi menyebalkan karena kecenderungan mereka untuk menjadi dominan dan terlalu percaya diri.
- Terkadang mereka juga bisa jadi kurang toleransi dan tidak sabar dalam mencapai tujuan mereka.
- Dalam lingkungan, ENTJ sering dianggap arogan karena 'kelebihan-kelebihan' mereka.
- ENTJ adalah tipe kepribadian yang mengutamakan rasional kadnag mereka kurang bisa menghadapi masalah terkait perasaan sehingga terlihat dingin bahkan kasar.

Orang yang Cocok dengan ENTJ

Sebagai seorang komandan yang punya rasa percaya diri dan karisma, ENTJ bisa bergaul dengan berbagai macam orang. Tapi untuk hubungan yang lebih mendalam dikatakan ENTJ cocok dengan ISTP atau INTP yang sama-sama mengandalkan kemampuan berpikir rasional.

Pekerjaan yang Cocok untuk ENTJ

Ada banyak pekerjaan yang mungkin cocok dengan kepribadian ENTJ. Dengan kemampuan memikirkan rencana dan strategi, mereka dinilai cocok menjadi pengacara. Selain itu, ENTJ juga baik dalam profesi pengusaha, manajer, konsultan keuangan, hakim, dan dosen.

Tokoh-tokoh ENTJ

Tokoh yang diyakini punya kepribadian ENTJ kebanyakan adalah pemimpin seperti Margaret Thatcher, Steve Jobs, dan Miranda Priestly. Tapi tak sedikit pula artis atau publik figur yang dinilai punya kepribadian ENTJ, seperti Jim Carey, Harrison Ford, dan Gordon Ramsay.

(ami/ami)