Mengenal Tipe Kepribadian Plegmatis, Orang-orang yang Cinta Damai

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 05 Okt 2021 18:35 WIB
Female restaurant owner, portrait with arms crossed Tipe kepribadian plegmatis. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Setiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda tapi bisa dikategorikan. Sejak dulu para ahli sudah berusaha mendalami sifat-sifat manusia, salah satu teori yang paling dikenal adalah 'four temperaments'. Bisa dirangkum bahwa ada tipe empat kepribadian paling umum yakni sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Salah satu yang dianggap paling santai adalah kepribadian plegmatis.

Arti Kepribadian Plegmatis

Empat temperamen adalah teori proto-psikologis yang berakar dari teori humorisme kuno yang kemudian dikembangkan menjadi teori medis tabib Yunani Hippokrates. Ia percaya bahwa mood, emosi, dan sikap tertentu dipengaruhi karena kelebihan atau kekurangan cairan tubuh.

Dari empat tipe kepribadian yang ditemukan, plegmatis adalah tipe orang yang cenderung lebih relaks, tenang, dan bisa dibilang easy going. Mereka juga punya niat yang baik untuk bersimpati dan peduli dengan orang-orang sekitar. Tapi mereka cenderung menyembunyikan emosi yang sebenarnya dan cukup mudah berkompromi.

Ciri-ciri Kepribadian Plegmatis

Dilansir Better Help, tipe kepribadian Plegmatis biasanya punya sifat introvert tapi mereka suka bekerja sama dengan banyak orang. Mereka cenderung pasif atau tidak terlalu berambisi sehingga terlihat kalem, jarang marah atau tidak emosional. Plegmatis juga umumnya dapat dengan mudah setuju dengan keputusan orang lain atau bersama.

Kelebihan Plegmatis

Ciri-ciri tipe kepribadian plegmatis yang lain adalah kecenderungan untuk hidup damai bersama keluarga dan teman. Mereka tidak terlalu suka berpartisipasi atau terlibat dengan banyak orang. Dalam berteman, plegmatis bisa dibilang sangat setia tapi sekali mereka dikecewakan kemungkinan hubungan tidak akan sama lagi.

Kelemahan Plegmatis

Dalam bersosialisasi, orang-orang plegmatis memang lebih sulit untuk masuk ke grup baru tapi cenderung mudah berteman karena sifatnya yang baik. Tapi mereka biasanya lebih suka mengikuti rutinitas sendiri dan sulit berubah mengikuti yang lain.

Salah satu hal baik yang bisa jadi kelemahan plegmatis adalah mereka santai dan membiarkan segala sesuatunya terjadi. Mereka tidak cepat dalam membuat keputusan dan kurang bertekad dalam mengejar tujuan atau impian. Di sisi lain plegmatis sulit menerima perubahan dan butuh waktu untuk beradaptasi.

Pekerjaan Plegmatis

Sesuai dengan kepribadian plegmatis yang santai dan mudah kompromi, tipe orang seperti mereka cocok bekerja di kantoran, bidang pendidikan, pelayanan medis atau sosial, hingga psikologi.

(ami/ami)