Ciri-ciri Kepribadian ENFP, Si Kreatif yang Pintar Berkomunikasi

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 23 Sep 2021 11:03 WIB
Beautiful Asian businesswoman smiling and shaking hands with other businessman Foto: Thinkstock
Jakarta -

Mengenali sifat asli seseorang memang tidak mudah. Tapi dengan mengetahui MBTI-nya, kamu bisa menebak apa yang diinginkan bahkan ditakutinya. Jika kamu atau orang terdekat adalah seorang ENFP, coba kenali lebih dalam mengenai tipe kepribadian yang disebut 'juru kampanye' ini. Seperti apa ciri-ciri kepribadian ENFP?

Arti Kepribadian ENFP


ENFP adalah singkatan dari Extraversion, Intuitive, Feeling, and Perceiving. Artinya pemilik tipe kepribadian MBTI ini adalah orang ekstrovert yang mengutamakan intuisi, perasaan, dan cenderung spontan atau fleksibel. Kepribadian ENFP termasuk langka karena diprediksi hanya dimiliki 7% orang di dunia.

Dilansir 16personalities, ENFP disebut sebagai kepribadian juru kampanye. Apa pengertian juru kampanye ini? Bisa diartikan jika ENFP punya karakteristik yang mengkampanyekan segala sesuatunya menjadi lebih menyenangkan dan pandai mempersuasi orang. Mereka juga punya kelebihan untuk melihat makna tersirat, bisa jadi karena rasa ingin tahu dan energinya yang besar. Selain itu, ENFP dikenal sebagai orang yang pintar berkomunikasi, kreatif, dan berjiwa bebas.

Perbedaan ENFP-A dan ENFP-T


Kepribadian ENFP dibagi menjadi dua yakni ENFP-A (Assertiveness) dan ENFP-T (Turbulent). ENFP-A biasanya lebih tegas tapi cenderung tidak sensitif. Sedangkan ENFP-T kadang terlalu memikirkan pendapat orang lain dan berusaha keras mencari solusi dari kesalahan mereka. Bisa dibilang ENFP-A lebih santai dari ENFP-T.

Kelebihan ENFP


Juru kampanye yang kreatif dan berjiwa bebas ini punya banyak kelebihan, di antara lain:
- Punya banyak rasa penasaran membuat mereka suka mengeksplor, tidak takut keluar zona nyaman, imajinatif, dan open minded.
- ENFP punya kecenderungan peduli pada banyak orang. Mereka juga memperhatikan dan mempertimbangkan mood dan ekspresi sekitarnya.
- Tipe kepribadian MBTI ini adalah orang yang pandai berkomunikasi dan mudah bersosialisasi dengan banyak orang. Mereka suka pembicaraan yang dalam tapi juga bisa basa-basi.
- Kelebihan lain dari ENFP adalah mereka orang yang hangat dan punya niat baik. Mereka seperti bisa menyukai dan akrab dengan semua orang.

Kekurangan ENFP


Ada kelebihan ada pula kekurangan atau sisi gelap dari kepribadian ENFP. Sifat mereka yang kreatif dan berjiwa bebas juga bisa mendatangkan masalah.
- Karena niatnya yang baik, ENFP kerap kali jadi people pleaser. Ingin menyenangkan banyak orang tentu kadang bisa merugikan diri sendiri.
- Kadang mereka juga kurang fokus dan disiplin karena suka mengeksplor banyak hal dan kesukaan.
- ENFP bisa jadi orang yang sangat antusias dengan banyak hal tapi melewatkan kerapian.
- Punya sikap yang positif dan selalu ceria bisa membuat mereka merasa kelelahan juga. Apalagi hal itu dilakukan di berbagai tempat, seperti kantor, rumah, dan dalam hubungan asmara.

Pekerjaan yang Cocok untuk ENFP


Dengan kelebihannya sebagai juru kampanye, kepribadian ENFP sangat cocok bekerja di bidang atau pekerjaan yang butuh kemampuan komunikasi dan berhubungan dengan orang banyak. Selain sebagai PR bahkan artis, dikatakan jika mereka bagus berkarier dalam bidang jasa, pendidikan, dan media.

Tokoh ENFP


Sejumlah selebriti yang diprediksi punya kepribadian ENFP adalah Robert Downey, Jr, Robin Williams, Quentin Tarantino, RM BTS, dan Russel Brand.

(ami/ami)