Arti Kepribadian INFP, Pendiam yang Cocok Jadi Mediator

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 20 Sep 2021 19:30 WIB
Thinking asian woman. Arti kepribadian INFP. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Banyak orang ingin mengenali diri mereka lebih dalam dan menganalisanya lewat indikator Myers-Briggs. Dari tes kepribadian MBTI tersebut, kamu bisa mengetahui kepribadian lebih dalam dari sekadar ekstrovert atau introvert. Salah satu MBTI yang dinilai unik dan langka dari ke-16 jenisnya adalah INFP. Seperti apa kepribadian INFP?


Arti Kepribadian INFP


INFP adalah singkatan dari Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving yang menggambarkan kepribadian mereka. Mereka yang punya kecenderungan INFP dikenal punya karakteristik unik dan langka karena ada 4%-5% di dunia. Kebanyakan dari mereka terlihat pendiam, pemalu, bahkan tidak ramah. Meski begitu INFP punya banyak kelebihan.

Kepribadian INFP sendiri dibagi menjadi yakni INFP-A dan INFP-T. INFP-A (asertif) umumnya lebih stabil secara emosi sehingga mereka tampak santai dan tenang tanpa banyak kekhawatiran dari dunia luar. Sedangkan INFP-T (turbulen) cenderung lebih pemikir, ambisius dan perfeksionis dan peduli dengan pandangan orang lain.

Meski umumnya lebih pendiam dan kadang dianggap aneh, INFP punya banyak kualitas yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Mereka dikenal sebagai mediator karena punya jiwa idealis yang pintar memahami situasi atau membaca karakter orang. Dilansir 16personalities, kepribadian INFP juga seringkali pintar dalam menggunakan lebih dari satu bahasa. Baik INFP-A dan INFP-T, mereka berpikiran terbuka, penuh empati, dan kreatif.



Sisi Gelap INFP


- Disebutkan sebelumnya bahwa baik INFP-A dan INFP-T adalah orang yang idealis. Karena itu, mereka sering punya pandangan yang tidak realistis.
- Meski cocok jadi mediator, salah satu sisi gelap INFP adalah mereka sering menyendiri terutama dalam lingkungan baru karena harus membaca situasi.
- Sedangkan imajinatif membuat INFP sering kurang fokus sehingga mengganggu produktivitas ketika bekerja.
- Emosional bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan INFP. Kalau mereka tidak bisa membuat batasan, INFP akan sering menyerap mood dan sikap negatif orang-orang di sekitarnya.
- INFP-T adalah orang yang peduli dengan pandangan orang-orang sekitar. Karena itu, mereka sering kali berusaha menyenangkan orang dan jadi terlalu keras mengritik diri sendiri untuk terlihat sempurna.


Kepribadian yang Cocok dengan INFP


INFP-A dan INFP-J punya kecenderungan untuk cocok dengan mereka yang sama-sama mengandalkan Feeling atau perasaan. Baik dalam urusan asmara atau pertemanan, mereka mencari hubungan mendalam yang mengutamakan empati, komitmen, kesamaan, dan pengertian. Tipe-tipe kepribadian yang cocok dengan INPF adalah INFJ, ESFJ, dan ENFJ.

Ketakutan INFP


Kalau kamu sudah mengerti sifat-sifat dari INFP, ketakutan-ketakutan mereka pasti mudah diketahui. Karena punya kecenderungan yang idealis, INFP-A dan INFP-T sering khawatir tidak bisa hidup sesuai dengan ideal atau standar mereka. Mereka juga takut keramaian tapi juga khawatir kesepian. Ketakuan laiinnya adalah cemas dikuasai oleh perasaan yang bisa menyebabkan depresi.


Tokoh INFP


Beberapa tokoh dunia yang karakteristiknya cocok dengan kepribadian INFP adalah William Shakespeare, Bjork, hingga Alicia Keys. Sedangkan untuk tokoh fiksi, Hermione Granger, Jon Snow, hingga Frodo Baggins juga punya kesamaan sifat dengan INFP.

(ami/ami)