Liputan Khusus Drama ART

Cerita Emak-emak Beruntung yang ART Tak Mudik & Kembali Lagi Setelah Lebaran

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 10 Mei 2021 09:02 WIB
Potret keluarga Dea Rivani. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat.
Jakarta -

Jelang Lebaran, biasanya seseorang akan pulang ke kampung halamannya untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara yang jauh di mata. Termasuk para asisten rumah tangga (ART) yang biasanya bekerja di Jakarta, ingin bertemu dengan keluarganya di kampung halaman.

Saat Lebaran tiba, drama ART pun kerap mewarnai kehidupan rumah tangga. Apalagi jika ART yang mudik tersebut tidak akan kembali lagi setelah Lebaran.

Sementara sebagian ibu-ibu mengalami drama ART, tiga emak-emak ini justru bernasib beruntung. Dea Rivani, wanita yang sehari-harinya bekerja sebagai pegawai swasta ini termasuk beruntung karena ART rumahnya akan kembali bekerja lagi padanya setelah mudik Lebaran.

Dea sudah memakai jasa ART tersebut sejak 2020 untuk membantunya menjaga anaknya saat dia bekerja. Kepada sang ART, dia memberikan penjelasan detail apa saja yang harus dilakukan saat bekerja.

Potret keluarga Dea Rivani.Potret keluarga Dea Rivani. Foto: Dok. pribadi Dea Rivani.

"Pegang bayi umur berapa. Menyambi sama pegang rumah (dijelasin rumah saya segimana). Kasih tahu juga ada anjing, orangnya takut apa nggak sama anjing. Bisa masak apa nggak, saya butuh dimasakin terutama pas berangkat ngantor. Plus masakin buat MPASI anak," jelasnya.

Selain itu, ia memberikan kesempatan ART tersebut untuk bertanya. Nah biasanya apa yang ditanyakan juga jadi penilaiannya.

"Kalau nanya yang menjurus ini orang banyak mau atau males-malesan kelihatan. Tapi kalau orang yang niat kerja dia firm gitu jawabnya. Dari segi usia juga penting, pertengahan, tidak terlalu muda takut labil, tidak terlalu tua juga," imbuhnya.

Saat mendekati Lebaran, ART Dea biasanya tetap mudik. Dari awal dia dan sang ART sudah membuat perjanjian soal pulang kampung yaitu satu tahun dua kali.

"Sedari awal saya selalu bilang kalau tidak betah lebih baik bilang, biar sama sama enak. Dan alhamdulillahnya ART selalu balik karena menurut saya dan suami kita memperkerjakan dia sudah cukup enak, nyaman dan saling menghargai," ungkap Dea.

Potret keluarga Marisa Thara Wardhani.Potret keluarga Marisa Thara Wardhani bersama dengan ART-nya. Foto: Dok. pribadi Marisa Thara Wardhani.

Senasib dengan Dea, Marisa Thara Wardhani juga termasuk ibu-ibu yang beruntung tak menghadapi drama ART mudik pada Lebaran 2021 ini. ART di rumah Thara memilih untuk tidak mudik.

"Karena anjuran untuk tidak mudik dari pemerintah, katanya dia takut disuruh putar balik atau kalau sudah sampai kampung, nggak bisa balik lagi ke Jakarta (takut kehilangan pekerjaan di Jakarta)," ujar Thara yang sudah menggunakan jasa sang ART sejak 2019.

Thara mengaku tak menjanjikan apapun pada ART-nya yang memilih tidak mudik Lebaran. Ia hanya memberikan kenaikan gaji setiap Lebaran tiba.

"Nggak diiming-imingin apa-apa sih. Cuma kan memang setiap tahun gaji pasti naik after lebaran, ini hak mereka sih bukan iming-iming biar balik. Jadi mungkin selain karena sudah lama juga kerja, tapi juga ada peningkatan gaji tiap balik lagi ke Jakarta after lebaran," tutupnnya.

Potret keluarga Marisa Thara Wardhani.Potret keluarga Marisa Thara Wardhani. Foto: Dok. pribadi Marisa Thara Wardhani.
(gaf/eny)