Rekomendasi Gaji ART dan Babysitter 2021

Tim Mommies Daily - wolipop Selasa, 09 Feb 2021 21:30 WIB
Happy family young mother babysitter hold read book relax embrace cute little children daughters, smiling parent mum tell small kids funny fairy tale story sit on sofa having fun together at home Ilustrasi babysitter. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Kehadiran ART (asisten rumah tangga) dan baby sitter tak dipungkiri membantu meringankan pekerjaan seorang ibu di rumah. Baik itu ibu pekerja kantoran, ibu rumah tangga maupun ibu yang menjalankan bisnis dari rumah.

Jasa yang ditawarkan ART dan baby sitter pun tidak mudah. Sebab ART harus memastikan rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi, baju-baju dicuci dan disetrika secara rutin hingga menyediakan masakan setiap harinya.

Sementara baby sitter harus siap sedia melayani kebutuhan bayi atau balita. Oleh karena itu gaji ART dan baby sitter juga harus layak sesuai beban pekerjaannya.

Untuk pasangan menikah yang membutuhkan jasa ART maupun baby sitter tentu perlu mengeluarkan biaya bulanan tambahan untuk membayar gaji. Sebagai rekomendasi, ini info perkiraan gaji ART dan baby sitter di 2021 untuk area Jabodetabek, Bandung, hingga Semarang, seperti dikutip dari Mommiesdaily.com.

Gaji ART datang pagi pulang siang

Untuk gaji ART kategori ini di area Jabodetabek berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Di area Bogor bahkan ada yang ditambah ongkos transportasi sekitar Rp 240 ribu per bulan. Jadi totalnya bisa hampir Rp 2 juta sebulan.

Tentunya ini tergantung kesepakatan juga. Ada yang mengerjakan seluruh pekerjaan rumah, dari mulai bersih-bersih, cuci-setrika, hingga menjaga anak sampai waktunya ia pulang. Hal ini bisa disepakati bersama.

Woman working at home, cleaning the floors, washing the laundry and cleaning up the mess in the closet during quarantineIlustrasi ART. Foto: iStock

Gaji ART menginap

Untuk ART yang tinggal satu atap dengan tuan rumah, angka gaji berkisar di Rp 1,2 juta hingga Rp 2 jutaan. Adapun untuk ART tanpa cuci-setrika tapi full memegang kebutuhan dua anak, bisa digaji Rp 1,7 juta sebulan.

Gaji Babysitter menginap

Biasanya babysitter banyak yang mengambil dari yayasan dan rata-rata menginap. Untuk take home pay pertama plus menebus babysitter di area Jakarta, bisa membayar hingga Rp 3 jutaan.

Untuk yang belum berpengalaman, gaji babysitter di seputar Rp 1,5 juta. Sementara yang sudah berpengalaman gajinya berkisar di Rp 1,8 jutaa hingga Rp 2 juta. Untuk area Semarang dan Bandung berkisar di angka Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Tips jika ingin mempekerjakan ART atau babysitter

Sebelum ART atau babysitter yang menginap datang

Memakai jasa ART dan babysitter di masa pandemi ini perlu berhati-hati. Jangan sampai mereka menularkan virus Corona karena kurangnya kehati-hatian.

Untuk itu dediakan dana lebih setidaknya untuk meminta ART atau babysitter yang baru datang untuk tes swab, minimal swab antigen. Lalu And juga harus meminta mereka isolasi mandiri di kamar khusus, kalau bisa yang terpisah jauh dari keluarga, selama 14 hari setelah tes dilakukan. Jika tidak bersedia, lebih baik urungkan niat untuk mempekerjakan mereka.

Buat kesepakatan bahwa mereka harus bekerja paling tidak 3-6 bulan sebelum mereka meminta pulang kampung. Hal ini untuk mencegah mereka bolak-balik pulang, meningkatkan risiko tertular dan swab test terus-terusan. Yang ada uang hanya habis untuk biaya tes COVD-19.

Aturan untuk ART pulang pergi

Minta asisten untuk selalu menggunakan masker medis yang telah disediakan di depan pintu masuk, sebelum ia masuk ke rumah. Setelah menggunakan masker, begitu masuk harus langsung mandi plus keramas. Anda bisa sediakan sabun dan sampo antiseptik.

Pastikan ART menggunakan masker medis selama bekerja di rumah tanpa dilepas, terutama ketika berada di dekat anak-anak atau lansia. Boleh juga sediakan dana lebih untuk meminta asisten swab antigen secara berkala.

Mencapai kesepakatan dengan para ART dan baby sitter memang susah-susah gampang. Merupakan sebuah keberuntungan jika mendapatkan ART dan babysitter yang menurut dan tidak banyak ulah. Happy hunting. Semoga mendapat ART atau babysitter yang mudah diajak kerjasama serta gajinya sesuai, ya!

(hst/hst)