Liputan Khusus Drama ART

Curhat Emak-emak Soal Drama ART Jelang Lebaran 2021

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 09 Mei 2021 15:00 WIB
ilustrasi asisten rumah tangga Ilustrasi asisten rumah tangga. Foto: istock.
Jakarta -

Momen hari Raya Idul Fitri sangat dinanti bagi umat muslim, setelah satu bulan penuh menjalani ibadah puasa. Namun di balik itu, ada kecemasan yang dirasakan ibu-ibu karena para asisten rumah tangga (ART), biasanya minta izin untuk pulang kampung.

Para ART yang mudik biasanya ada yang datang kembali untuk bekerja, namun tak sedikit juga yang tak kembali ke rumah majikannya. Wolipop berbincang dengan para emak-emak untuk berbagi kisah soal drama ART jelang Lebaran.

Seperti Ayu Dwi Aryani, ibu muda yang sedang mengandung anak keduanya itu mengaku sudah lebih dari 20 kali gonta-ganti ART. Apalagi mendekati Lebaran, ia pun sudah pasrah dengan keputusan sang ART.

"Sebelumnya aku tanyain terus sih jauh hari dari Lebaran balik lagi nggaknya mereka masih bilang balik tapi giliran mendekati Lebaran. Eh malah jawabanya nggak enak. Hingga saat ini aku sudah merasa kenyang sama ART. Karena sudah lebih dari 20 kali ganti asisten rumah tangga," ungkap Ayu, Minggu (9/5/2021).

Potret keluarga Ayu Dwi Aryani.Potret keluarga Ayu Dwi Aryani. Foto: Dok. pribadi Ayu Dwi Aryani.

Hal serupa dialami oleh Chindy Vintayana yang ART-nya tidak akan kembali setelah mudik Lebaran 2021. Dia sudah pernah menghadapi beribu alasan ART yang minta berhenti bekerja.

"ART sebelumnya sudah tidak bekerja dikarenakan menikah. Mulailah drama ART ku dari awal tahun 2021. Sejak awal 2021, ganti ganti ART lima kali. Dan alasannya macam-macam, ada yang pulang anaknya sakit, nggak balik lagi karena anaknya meninggal. Adalagi yang ibunya katanya sekarat, nggak balik lagi karena fokus mengurus anaknya. Yang terakhir banget, baru pulang tanggal 5 Mei 2021 kemarin, memang sudah tidak bisa kerja lagi karena kurang cocok sama anakku," ujarnya yang merasa bingung.

Tak jauh berbeda dengan Ayu dan Chindy, Okky Irmanita juga mengalami hal yang sama. ART yang selama ini bekerja di rumahnya, memilih untuk tidak kembali setelah mudik Lebaran 2021

"ART minta izin pulang kampung untuk Lebaran, tapi sekalian menikahkan anaknya. Nggak tanggung-tanggung, minta izinnya tiga bulan. Kita sudah coba menahan, karena sudah masuk pandemi waktu itu. Tapi beliau bergeming. Dan dia janji akan kembali lagi, tapi malah tidak kembali," ucapnya pasrah.

Potret keluarga Chindy Vintayana.Potret keluarga Chindy Vintayana. Foto: Dok. pribadi Chinndy Vintayana.

Cerita berbeda datang dari Marisa Thara Wardhani. Pada Lebaran 2021 ini, Marisa beruntung tak mengalami drama urusan ART. Sebabnya ART-nya memilih untuk tidak mudik.

"Karena anjuran untuk tidak mudik dari pemerintah, katanya dia takut disuruh putar balik atau kalau sudah sampai kampung, nggak bisa balik lagi ke Jakarta (takut kehilangan pekerjaan di Jakarta)," jelasnya.

Dea Rivani juga termasuk yang beruntung soal urusan ART di Lebaran 2021 ini. Wanita yang bekerja sebagai pegawai swasta itu menuturkan jika ART-nya memastikan akan datang kembali dari kampung halaman untuk lanjut bekerja.

" Dari awal perjanjian dia minta pulkam setahun dua kali dan saya kasih karena dia punya anak juga. Sedari awal saya selalu bilang kalau tidak betah lebih baik bilang, biar sama-sama enak," terangnya.

Potret keluarga Dea Rivani.Potret keluarga Dea Rivani. Foto: Dok. pribadi Dea Rivani.
(gaf/eny)