Liputan Khusus Henna Artist

Mengenal Ima Habsyi, Pelukis Henna Langganan Artis Hingga Pejabat Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 28 Mar 2021 19:00 WIB
Ima Habsyi (kiri) dan Vebby Palwinta (kanan). Foto: Dok. pribadi Barbie Ima. Ima Habsyi (kiri) dan Vebby Palwinta (kanan). Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.
Jakarta -

Jika kamu melakukan sesuatu berdasarkan hobi atau kesenangan, saat menjalaninya akan akan terasa bahagia dan penuh semangat. Apalagi jika hobi kamu bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama.

Seperti kisah Ima Habsyi @barbie_ima yang berawal dari hobi melukis, kini bisa menjadi henna artist professional langganan selebriti dan selebgram tanah air. Kepada Wolipop ia menceritakan awal mula terjun ke dunia seni lukis henna.

"Aku awal mulanya bikin henna itu by accident. Nggak kepikiran jadi henna artist, bahkan aku pribadi tidak suka bikin henna awalnya. Aku mulai bikin henna waktu SMP tahun 2004. Dulu aku di sekolah punya teman, terus kakak kelasnya menikah, henna artistnya tidak datang. Terus teman aku meminta aku agar menulis di tangan kakaknya. Panik dong, temen aku itu memang orang Arab, yang adatnya memakai henna," ungkap Barbie Ima saat berbincang dengan Wolipop, Sabtu (26/3/2021).

Ima mengaku sudah senang melukis sejak kecil dan kerap mengikuti lomba melukis dari sekolah. Temannya yang mengetahui Ima bisa melukis langsung memintanya melukis henna di pernikahan kakaknya. Dan pada hari-H pernikahan, ia masih belum tahu motif apa yang akan digambar. Ima pada akhirnya saat itu hanya menggambar motif yang dilihatnya.

"Karena bahannya dari temanku itu semua. Aku tidak tahu motifnya kayak gimana. Waktu itu aku menggambar motif baju mamanya pengantin itu, motif karpet dan motif yang aku lihat di rumah itu," kenang Ima sambil tertawa.

Barbie Ima yang melukis henna stri dari produser RockySoraya (Raam Soraya).Barbie Ima yang melukis henna istri dari produser Rocky Soraya (Raam Soraya). Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Hasil Karya Henna Diunggah di Friendster

Sejak pertama kali melukis henna untuk pernikahan kakak temannya itu, Ima serius menekuni pekerjaan sebagai pelukis henna. Pada saat baru merintis karier, wanita yang tinggal di Jakarta Selatan itu kerap membagikan foto hasil karyanya di akun Friendster miliknya. Ia pun menerima komentar positif dari warganet dan semakin banyak tawaran melukis henna.

Apalagi jasa henna saat itu belum mainstream seperti sekarang ini. Dan setiap dia datang melukis henna, kliennya merasa bingung karena Ima masih mengenakan seragam sekolah. Dan selama hampir satu tahun, ia melukis henna tidak dibayar.

"Semua pada suka dan mencari tahu siapa yang buat dari mulut ke mulut. Sejak saat itu aku menerima banyak panggilan dan belum dibayar. Karena aku waktu itu kan belum tahu kalau henna itu bisa jadi pekerjaan," tuturnya.

Awal Februari 2004 saat duduk di bangku SMA, Ima melukis henna di tangan Mulan Jameela untuk syuting video clik. Henna pun menjadi semakin hits karena Ima mulai rajin mengunggah hasil karyanya di Facebook.

Henna Ima semakin laris manis, pada 2005 dia memutuskan untuk memasang tarif dan harganya masih sangat murah. Tawaran menggunakan jasa henna Ima pun semakin banyak.

Dan henna benar-benar menjadi booming setelah film Ayat-Ayat Cinta. Dalam layar lebar tersebut tokoh Aisha yang diperankan oleh Rianty Cartwright kerap mengenakan henna. Alhasil setelah film itu, setiap pengantin yang menikah ingin melengkapi riasan tangan dengan menggunakan henna.

Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna.Kisah inspiratif Ima yang menekuni dunia henna. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Tren Henna Putih

Ima menjelaskan jika ia sudah memakai white henna sejak 2014. Sementara sebelumnya henna yang umum adalah berwarna merah. Ima memakai white henna karena tidak meresap ke kulit, jadi tidak meninggalkan warna di kulit. Dan cara menghapusnya juga lebih mudah mengelupas.

Tren white henna mulai dikenal semenjak pernikahan Nabila Syakieb dengan Reshwara Argya pada Desember 2015. Nabila tampil memesona saat memakai white henna di tangannya.

"Saat itu masih belum mainstream, malah nggak laku karena white henna lebih cepat hilang dan harganya lebih mahal daripada yang merah. Akhirnya pas dipakai Nabila Syakieb menikah, itu jadi viral sampai sekarang," tutur Ima.

Sesudah lulus SMA, Ima menjalani kuliah jurusan fashion design di Susan Budihardjo, Jakarta. Jika ada tawaran henna, Ima membagi waktu agar bisa mengerjakannya usai pulang kuliah. Jika ada permintaan henna ke luar kota, Ima terpaksa izin ke pihak kampus.

Barbie Ima yang menjadi henna artist langganan selebriti dan selebgram tanah air.Barbie Ima yang menjadi henna artist langganan selebriti dan selebgram tanah air. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Selama menjalani profesi sebagai pelukis henna untuk acara pernikahan, banyak hal menarik dialami Ima Habsyi. Dia pernah jadi saksi istri sah melabrak pelakor....Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui kisahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2