Liputan Khusus Henna Artist

Mengenal Profesi Henna Artist, Raih Cuan dengan Bikin Cantik Tangan dan Kuku

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 28 Mar 2021 10:00 WIB
Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna. Kisah Ima yang sukses menggeluti bisnis henna. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.
Jakarta -

Jasa henna artist bisa mempercantik penampilan kuku dan tangan. Jasa ini biasanya digunakan saat hari pernikahan dan acara penting lainnya. Seiring semakin populernya mempercantik tangan dan kuku dengan henna, profesi henna artist pun makin banyak dilirik.

Penghasilan sebagai henna artist cukup menjanjikan, hingga ada yang sudah berkeliling dunia dan menjadi kepercayaan selebriti tanah air. Seperti apa lika-liku profesi henna artist ini?

Henna artist langganan para selebriti dan sosialita Indonesia, Ima Habsyi atau yang dikenal sebagai Barbie Ima sudah mencoba merias tangan dan kuku sejak SMP. Profesi sebagai henna artist tak sengaja dimulainya ketika dia melukis tangan kakak dari temannya yang ingin menikah.

"Aku awal mulanya bikin henna itu by accident. Nggak kepikiran jadi henna artist, bahkan aku pribadi tidak suka bikin henna awalnya. Aku mulai bikin henna waktu SMP 2004 sekitar 13-14 tahun. Dulu aku di sekolah punya teman, terus kakak kelasnya menikah, henna artistnya tidak datang. Saat itu aku dari kecil pelukis, suka gambar dan sering ikut dari sekolah. Terus teman aku meminta aku agar menulis di tangan kakaknya. Panik dong, temen aku itu memang orang Arab, yang adatnya memakai henna," kenang Ima saat dihubungi Wolipop, Sabtu (26/3/2021).

Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna.Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Hingga kini Ima dipercaya sebagai henna artist langganan selebriti dan selebgram ternama di tanah air. Seperti Aurel Hermansyah, Dinda Hauw, Veby Palwinta dan masih banyak lagi.

Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna.Kisah inspiratif Dewi yang menekuni dunia henna. Foto: Dok. pribadi Dewi.

Henna artist Dewi Masitoh yang populer lewat akun Instagram @dewihenna juga awalnya mencoba iseng melukis dengan henna di tangannya sendiri saat duduk dibangku SMA. Dia sendiri sejak kecil memang sudah hobi melukis dan menggambar.

"Awalnya tahun 2008 pas SMA iseng-iseng tahu ada tato temporer coba-coba di tangan sendiri ternyata bisa dan seru. Seneng aja ada kegiatan baru, terus karena hobi juga. Dari kecil TK dan SD sudah suka melukis dan menggambar," ucap Dewi.

Konsisten di dunia henna, Dewi diajak oleh Kementerian Pariwisata dan Weddding Organizer kelas dunia untuk mengisi sesi henna. Dia juga kerap dipercaya sejumlah selebgram dan artis ibukota seperti Dian pelangi dan Adelia Pasha untuk mempercantik tangan dan kuku dengan henna.

Momen pengajian dan siraman Margin.Momen pengajian dan siraman Margin. Foto: Dok.Instagram @be.bless.

Winda Octavia juga mengawali kariernya sebagai henna artist karena hobinya menggambar dan melukis. Kini melalui Instagramnya @be.bless, dia sukses menggeluti bisnis henna artist.

"Sejak 2018, pada ada dasarnya emang suka gambar-gambar tapi nggak yang jago banget. Sekadar suka aja kaya ini lho memang passion saya di sini," tutur Winda kepada Wolipop.

Profesi henna artist ini rupanya juga tak hanya digeluti kaum wanita. Muhammad Ariefa akbar atau yang dikenal sebagai Akbar Henna @akbarhenna termasuk henna artist populer. Ia tertarik mencoba seni henna semenjak menonton film Ayat-Ayat Cinta dan saat itu masih duduk di bangku SMA.

"2007 waktu hits banget Ayat-ayat Cinta aku semakin yakin untuk menggambar di tangan. Saat itu aku belum pakai henna dan belum tahu apa sih henna yang bagus? Jadi masih pakai pulpen dan spidol. Kemudian saking aku penasarannya, aku cari ke seluruh oleh-oleh haji di Tanah Abang kan banyak ya, terus di Pasar Baru, toko India gitu. Itu aku sisihin uang jajan sekolah hanya untuk membeli henna," ujarnya.

Berkat keahliannya, Akbar mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan henna pada tangan selebgram dan beauty vlogger Tasya Farasya untuk acara malam henna jelang pernikahan. Dan kini dia juga sudah sukses merilis buku tentang dunia henna.

Seperti apa kisah lengkap dari empat orang henna artist tersebut? Simak artikel lengkapnya di Wolipop.

(gaf/eny)