5 Langkah Jaga Produktivitas & Semangat di Tengah Pandemi

Inkana Putri - wolipop Rabu, 24 Feb 2021 10:53 WIB
Olahraga di rumah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 tak hanya berdampak terhadap kesehatan, namun juga aktivitas sehari-hari. Demi mencegah penyebaran virus, beberapa kebijakan seperti work from home dan pembatasan sosial pun diterapkan. Akibatnya, ruang gerak ikut menjadi terbatas, meskipun seluruh pekerjaan terus menanti dan harus terselesaikan.

Oleh karena itu, menjaga produktivitas dan semangat sangatlah penting dilakukan selama pandemi. Jika tidak, seluruh aktivitas tentunya akan terganggu, bahkan pekerjaan bisa jadi terbengkalai. Nah, biar produktivitas tetap terjaga selama pandemi cobalah 5 langkah yang dilansir dari One Medical berikut ini.

1. Kelola Stress

Berbagai pemberitaan tentang pandemi sering kali membuat rasa cemas dan khawatir muncul. Bahkan, tak jarang hal tersebut membuat stress hingga mengganggu kesehatan mental. Jika dibiarkan, kondisi ini tentu sangat bisa berdampak terhadap produktivitas sehari-hari.

Untuk mencegahnya, kurangilah mendengar atau membaca pemberitaan yang menakutkan. Selain itu, lakukanlah meditasi atau aktivitas yang menyenangkan seperti memasak, berkebun atau mendengarkan lagu untuk menenangkan pikiran.

2. Berpikir Positif

Memfokuskan diri untuk berpikir positif juga merupakan salah satu kunci menjaga produktivitas. Di tengah maraknya berita negatif terkait pandemi, pastikan untuk selalu berpikir positif. Pasalnya, pikiran negatif seperti rasa takut, cemas atau khawatir yang berlebih secara tak langsung bisa berdampak terhadap kesehatan tubuh.

3. Istirahat Cukup

Istirahat juga merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Tanpa istirahat yang cukup, tubuh mungkin akan merasa kurang berenergi dan lebih sulit untuk kembali fokus pada pekerjaan.

Jika bisa, usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap malam dengan waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten. Selain itu, cobalah juga untuk menghindari menonton atau membaca berita satu jam sebelum waktu tidur karena dapat mengganggu siklus tidur.

4. Tetap Olahraga

Olahraga teratur juga dapat meningkatkan energi, fokus, produktivitas dan bahkan meningkatkan kualitas tidur. Selama pandemi, cobalah untuk tetap berolahraga dengan jalan kaki 20 menit di pagi hari atau yoga selama 10 menit. Saat ini, terdapat juga beberapa channel olahraga yang bisa ditiru saat berolahraga di rumah.

5. Konsumsi Multivitamin

Produktivitas akan terjaga jika kesehatan tubuh tetap terjaga. Di samping makanan bergizi, mengonsumsi multivitamin sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa vitamin seperti vitamin B,C,E dan Zinc dapat dikonsumsi selama pandemi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi vitamin juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa tetap terus berenergi produktif sepanjang hari meskipun di tengah pandemi.

ZegavitZegavit Foto: dok. Kalbe

Seperti halnya dengan mengonsumsi Zegavit, yang mengandung vitamin C, E dan B kompleks. Zegavit juga dilengkapi dengan nutrisi Zinc yang baik untuk tubuh. Seluruh kandungan tersebut tentunya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki defisiensi nutrisi tubuh, serta mempertahankan daya tahan tubuh.

(prf/eny)