Kisah Wanita China Kerja Jadi Mata-mata, Kelabui Politisi AS dengan Seks

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 10 Des 2020 19:30 WIB
Christine Fang Foto: Facebook
Jakarta -

Seorang wanita bernama Christine Fang diduga merupakan mata-mata China yang dikirim ke Amerika. Dilaporkan ia telah mengelabui para politisi, termasuk dengan tidur bersama mereka. Christine Fang dikatakan bahkan pernah punya hubungan romantis dengan dua Wali Kota Amerika Serikat.

Sebuah laporan yang dipublikasi Axios menyebutkan jika Christine Fang adalah seorang intelijen China yang bekerja untuk Kementerian Keamanan China. Selama 2011 hingga 2015, ia bertugas di California untuk membangun 'hubungan' dengan para politisi, salah satunya Eric Swalwell salah satu anggota kongres termuda.

Christine FangChristine Fang Foto: Facebook

Menurut laporan, Christine Fang cukup sering berinteraksi dengan Swalwell, termasuk membantunya menggalang dana untuk kampanye politik hingga membantu mencari anak magang. Ia pun dikatakan terlibat dalam penggalangan dana untuk anggota kongres Tulsi Gabbard dan pernah melakukan hubungan seksual dengan paling tidak dua Wali Kota AS.

Christine dilaporkan berhenti beroperasi saat masa pemerintahan Obama selagi FBI melakukan menyelidikinya. Jejaknya ditemukan ketika Christine sedang menargetkan orang lain. Dikatakan jika kemungkinan latar belakang operasinya adalah usaha Beijing untuk mempengaruhi grup-grup politik Amerika Serikat.

Christine FangChristine Fang Foto: Facebook

Sosok Christine Fang sendiri tentu misterius. Namun berdasarkan laporan dari teman dan kenalan, ia adalah wanita berusia akhir 20an atau awal 30an ketika datang ke AS sebagai mahasiswa California State University East Bay. Laporan juga menyebutkan Christine merupakan presiden dari Chinese Student Association dan Asian Pacific Islander American Public Affairs (APAPA) yang artinya ia aktif dalam berorganisasi.

Christine disebut menggunakan perannya itu untuk masuk dalam lingkup politik California. Ia pun pernah mengundang para pembuat kebijakan, petinggi politik, dan petugas konsuler China untuk menghadiri acara-acaranya yang diadakannya. Di sana lah mata-mata tersebut menggunakan karismanya untuk membangun hubungan romantis dengan para politisi Bay Area dan melakukan operasinya.

Dilihat dari akun Facebook-nya, Christine Fang cukup banyak berhubungan dengan orang-orang penting dalam dunia politik AS. Bahkan dalam sebuah konferensi politik di 2014, dilaporkan seorang Wali Kota yang tidak disebutkan identitasnya pernah menyebut Christine sebagai pacar. Ketika ditanya mengapa wanita itu tertarik pada si Wali Kota, ia hanya mengaku ingin berlatih bahasa Inggris.

Christine FangChristine Fang Foto: Facebook

Politikus Eric Swalwell pun telah memberi pernyataan mengenai laporan ini. Ia tidak membantah atau membenerkan dirinya pernah punya hubungan romantis dengan wanita yang disebut sebagai mata-mata dari China tersebut. Swalwell pun berharap jika informasi yang bocor ke publik itu bisa diinvestigasi. Ia sendiri sudah tidak berhubungan dengan Christine ketika diberi tahu oleh wanita itu adalah intelijen di 2015 meski di Facebook ayah dan saudaranya terlihat masih berteman.

(ami/ami)