Inspiratif! Ini Dhea Lukita, Anak TKI yang Jadi Paskibraka Istana

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 15 Agu 2020 15:00 WIB
Dhea Lukita, Pelajar Asal Tulungagung Dua Kali Terpilih Jadi Paskibraka Nasional Dhea Lukita / Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta -

Nama Dhea Lukita Andriana belakangan mencuri atensi publik setelah kembali terpilih menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) untuk bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2020. Pada tahun sebelumnya, Dhea Lukita sendiri sudah pernah bertugas menjadi paskibraka nasional, sehingga ini bukanlah kali pertama untuknya.

"Ini yang kedua (menjadi paskibraka nasional), tahun lalu saya masuk pasukan 17 pada tim penurunan bendera," kata Dhea Lukita Andriani, saat di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa Tulungagung, Jumat (7/8/2020).

Pada kesempatan kali ini, Dhea Lukita akan bertindak sebagai Komandan Upacara di HUT RI yang ke-75. Tapi sebenarnya siapakah Dhea Lukita ini?

Dhea Lukita Andriana adalah paskibraka perwakilan dari Jawa Timur. Saat ini dirinya tengah menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Ngunut, Tulungagung. Namun ada sisi menarik dari siswi kelas 12 ini yang tidak banyak orang tahu.

Kabarnya Dhea adalah anak dari pasangan Salim Rajun dan Nursiah. Kedua orangtuanya tersebut adalah seorang TKI yang saat ini tengah bekerja di Taiwan dan Malaysia. Karena pekerjaan kedua orangtuanya itu, Dhea Lukita sudah terbiasa tinggal bersama kakek dan neneknya sejak dia kecil.

Dhea Lukita, Pelajar Asal Tulungagung Dua Kali Terpilih Jadi Paskibraka NasionalDhea Lukita, Pelajar Asal Tulungagung Dua Kali Terpilih Jadi Paskibraka Nasional Foto: Adhar Muttaqin

Tahun ini, Dhea kembali terpilih sebagai anggota paskibraka setelah dirinya mendapat penunjukkan langsung dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Hal itu dikarenakan tidak adanya seleksi paskibraka di tahun ini mengingat pandemi Corona yang masih berlangsung. Sehingga 8 paskibraka yang terpilih tahun ini hanya mengambil dari tahun sebelumnya, tahun 2019.

Menjadi anggota paskibraka sendiri sudah menjadi cita-cita Dhea sejak kecil. Sehingga ketika pada tahun 2019 dia melihat ada kesempatan baginya untuk menggapai cita-citanya itu, maka Dhea tidak menyia-nyiakannya. Dia lalu mengikuti serangkaian seleksi hingga akhirnya terpilih ke tingkat nasional.

Setelah penunjukkannya kembali untuk menjadi paskibraka di Istana Merdeka, Dhea langsung melakukan serangkaian persiapan, mulai dari fisik hingga latihan baris berbaris. Dhea Lukita juga mempersiapkan beberapa persyaratan lain, seperti hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan beberapa berkas lainnya.

(vio/vio)