Cara Mengatasi Sakit Punggung karena Kebanyakan Duduk di Lantai Saat WFH

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 15 Mei 2020 14:08 WIB
Woman sitting on sofa using laptop in her cozy loft apartment Foto: Getty Images/Morsa Images
Jakarta -

Kerja di rumah mungkin mungkin lebih hemat dan efisien tapi tak sedikit yang merasakan efek sampingnya pada kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sakit punggung dan jadi bungkuk karena memakai meja atau kursi yang kurang mendukung. Karena bekerja di rumah, sebagian orang harus memanfaatkan peralatan yang ada bahkan duduk di lantai seharian. Untuk menghindari sakit punggung atau membungkuk saat WFH, berikut lima hal yang bisa dilakukan sesuai saran pakar:

Banyak Bergerak
Salah satu alasan badan jadi sakit selama WFH adalah karena kurang bergerak. Karena itu apakah kamu harus duduk di lantai atau telungkup ketika bekerja, pastikan saja tubuh tetap bergerak. Sempatkan waktu untuk istirahat, pindah posisi, melakukan peregangan, atau jalan-jalan di sekitar rumah untuk menghindari sakit punggung atau tegang di bagian pundak.

"Kunci dari tubuh yang bahagia adalah gerakan. Tubuh kita tidak didesain untuk duduk di satu posisi dalam waktu yang lama, misalnya membungkuk karena meja dengan kaki disilang. Gerakkan tulang belakang ke segala arah adalah kuncinya," ujar pakar Pilatas Zoe-Maia Jarchevska kepada Vogue.

Cara Bernapas yang Benar
Hal simpel seperti belajar cara bernapas yang baik dan benar bisa membuat kamu lebih sehat. Cara bernapas yang kurang tepat ternyata juga dapat menyebabkan punggung membungkuk karena kebiasaan tidak tegap. "Biasanya yang harus dilakukan adalah coba angkat dan buka dada bagian atas, gunakan leher, mulut tertutup, bahkan otot rahang (untuk bernapas)," kata trainer Nike, Luke Worthington.

'Breathguru' Alan Dolan pun menyarankan cara latihan bernapas dengan benar. Yakni dengan duduk atau berbaring lalu tempatkan satu tangan di dada dan satu tangan di perut. "Napas dengan hidungmu, rasakan perutmu naik, dan bayangkan kamu balon yang membesar ketika menarik napas. Lalu keluarkan napas dari hidup, seperti balon yang menyusut," ungkapnya.

Woman sitting on sofa using laptop in her cozy loft apartmentWoman sitting on sofa using laptop in her cozy loft apartment Foto: Getty Images/Morsa Images

Coba Pose Yoga dan Pilates
Kamu yang sudah familiar dengan yoga bisa mencoba pose-pose seperti heart-opening, cobra, baby cobra, cat atau cows. Selain Yoga, Pilates yang memang menjadi obat untuk memperbaiki postur tubuh dan membantu meringankan sakit badan dapat dilakukan. Kamu bisa beralih ke YouTube untuk mencari tutorial yang bisa diikuti untuk pemula sekali pun.

Pakai Foam Roller
Foam Roller adalah alat olahraga yang bisa digunakan di berbagai bagian tubuh. Foam roller bisa dipakai sendiri tanpa bantuan orang lain untuk meningkatkan mobilitas tubuh dan mengurangi sakit punggung. Alat ini biasanya dipakai dengan cara menggulingkan foam roller di bawah punggung atau bagian lain yang terasa tegang. "Kebanyakan riset menunjukkan foam roller tidak membuat perubahan fisik tapi mendukung otot-otot yang tegang menjadi relaks," tutur Luke.

Fokus pada Punggung Bawah
Ketika sakit punggung, kamu mungkin berpikir bahwa peregangan adalah kuncinya. Tapi sebenarnya bagian yang perlu difokuskan adalah punggung bagian bawah. Peregangan umumnya kurang bisa melatih bagian tersebut karenanya perlu melakukan beberapa latihan khusus. Luke pun menyarankan agar kamu melakukan gerakan 'dead bugs' atau 'hip bridges' untuk menguatkan bagian itu.



Simak Video "Kate Middleton Kini Kerja Keras Bagai Kuda Usai Ditinggal Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)