Toko di Jepang Dikritik Karena Suruh Pegawai Wanita Pakai Pin Menstruasi

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 29 Nov 2019 13:21 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Menstruasi memang bisa menjadi salah satu problema wanita. Namun menstruasi umumnya bukan suatu kondisi parah yang membedakan mereka. Karenanya, sebuah toko di Jepang mendapat kritik karena memberikan pin khusus kepada para pegawainya yang sedang menstruasi. Netizen menganggap hal itu salah dalam banyak hal.

Sebuah pin bergambar karakter manga Seiri-chan yang menjadi representasi wanita muda menstruasi terlihat digunakan pegawai di toko Michi Kake Jepang. Karakter tersebut memang menjadi simbol yang dikenal banyak orang namun dianggap kurang pantas bulan dipakaikan pada wanita untuk menunjukkan bahwa mereka sedang datang bulan.

Niat awal pin ini mungkin untuk memberi kenyamanan baik pada pelanggan maupun pegawai atau merayakan menstruasi. Meski menstruasi bukan sebuah hal buruk untuk diinformasikan, hal ini dianggap bisa membuat wanita dipandang negatif karena kondisi naturalnya.

Toko di Jepang Dikritik Karena Suruh Pegawai Wanita Pakai Pin Menstruasi Foto: Twitter/WWD Japan
"Bos manapun yang memintaku untuk mengenakan sebuah pin ketika aku sedang menstruasi akan dituntut,"

"Hentikan stigma mengenai menstruasi dengan meminta staff mengenakan pin untuk mengumumkan bahwa mereka sedang berdarah. Tampak seperti sesuatu yang masuk akal dan tidak buruk atau mengidekan stigamatisasi,"

"Itu salah dalam banyak hal ketika seorang pekerja wanita di sebuah department store untuk memakai pin menstruasi ketika dia sedang menstruasi ketika kerja. Kamu hanya bisa membayangkan orang-orang berkata dia sedang bad mood karena PMS. Membuat perutku mual. Langkah yang bodoh di 2019," tulis netizen di Twitter.

Toko di Jepang Dikritik Karena Suruh Pegawai Wanita Pakai Pin Menstruasi Foto: Twitter/WWD Japan
Michi Kate sendiri sebenarnya menjual produk-produk untuk kesehatan seksual wajah dan menstruasi. Tak hanya pembalut, mereka juga menyediakan busana hingga kosmetik untuk para wanita yang sedang datang bulan. Michi Kate bahkan merilis aplikasi untuk melacak menstruasi wanita sesuai usia mereka.

Simak Video "NGOBS KUY! Ciri-ciri Cewek PMS"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)