Cerita Pemilik CV Duka Cita, Terinspirasi dari Berita Kematian di Koran

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 21 Nov 2019 18:41 WIB
Foto: instagram @hipradana Foto: instagram @hipradana

Jakarta - Harits Indi Pradana dalam akun Twitter-nya @HIPradana memperlihatkan CV 'out of the box-nya'. Dia membuat CV bertema duka cita seperti di koran-koran. Setelah diunggahnya, curriculum vitae itu pun jadi viral.

Pria yang akrab disapa Dony itu menceritakan kepada Wolipop awal mula ia membuat CV tersebut. Ternyata, CV unik yang dibuatnya pada 2014 itu terinspirasi dari surat kabar.

"Ide temanya saat aku ke perpustakaan buat cari referensi CV, tapi rupanya internet lagi down, nggak bisa internetan. Akhirnya aku baca koran, eh pas ada halaman berita duka cita tiba-tiba dapet inspirasi buat bikin CV yang modelnya mirip-mirip gitu. Waktu itu mikirnya harus out of the box nih bikin CV biar cepet dapat kerja," ungkap Dony saat dihubungi oleh Wolipop, Kamis (21/11/2019).


Cerita Pemilik CV Duka Cita, Terinspirasi dari Berita Kematian di KoranCV unik Harits Indi Pradana. Foto: instagram @hipradana

Dony mengaku bahwa ia membuat CV dengan mengikuti layout umum dari berita kabar duka cita yang biasa terbit di koran. Ia menggunakan layout hitam putih agar mendapatkan kesan mistis dan haru.

"Aku buatnya yang simple tapi eye catching gitu untuk ukuran CV, aku bikin sendiri, cuman 15 menit doang waktu itu bikinnya," jelasnya.

Lewat CV tak biasa itu mengantarkan pria lulusan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu bekerja di berbagai kantor bonafit. Di 2014, setelah Dony membuat dan mengirim CV tersebut, ia langsung diterima bekerja di sebuah mal besar di Jakarta Barat.

"Yang bagian interview kebetulan waktu itu orang Australia, dia tidak mengerti budaya lokal, tapi orang HRD-nya yang nemenin bilang kalau CV itu kece," kenang Dony.

Pria yang kini bekerja di salah satu perusahaan BUMN itu berpesan pada mahasiswa agar juga bisa membuat CV yang menarik. Dony sudah merasakan sendiri manfaat dari CV yang unik.

"Yang fresh graduate, terutama anak design atau DKV bikinlah CV yang lain dari yang lain, karena CV yang unik biasanya banyak dilirik sama HRD, tetapi jangan lupa kontennya harus jelas. Ya banyak-banyak aja liat sekeliling, untuk cari inspirasi," tutup pria lulusan desain komunikasi visual itu.





Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/kik)