Kerja Bareng-bareng di Coworking Space, Bisa Produktifkah?

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 15 Mei 2019 09:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Berkat kecanggihan teknologi, kini bekerja tak lagi harus di kantor. Selain di rumah sendiri, mulai banyak profesional yang menggunakan coworking space atau ruang kerja yang digunakan bersama-sama dengan perusahaan lain. Di sana, biasanya pekerja berbagi tempat dan melakukan tugas-tugasnya di ruangan terbuka. Tak punya ruang personal, apakah bekerja bisa coworking space produktif dan efektif?

Di Indonesia sendiri coworking space mulai banyak bermunculan. Biasanya tempat kerja yang banyak digunakan pelaku startup tersebut hadir dalam mal atau daerah-daerah strategis. Selain karena kecanggihan teknologi yang memungkinkan pekerja membawa data-data mereka, tempat berbagi ruang kerja juga muncul perkembangan bisnis. Dikatakan jika banyak perusahaan ingin saling berkolaborasi dan butuh ruang untuk saling berdiskusi.

Menurut Co-Founder & CEO of GoWork, Vanessa Hendriadi Li, bekerja di coworking space bisa jadi sesuatu yang efektif namun kembali lagi pada pribadi masing-masing. Untuk dapat menyelesaikan kerja dengan produktif, pekerja perlu memiliki manajemen waktu dan disiplin diri yang baik.

"Efektif atau tidak, tergantung diri kita sendiri. Kita lihat ini kan area terbuka, kita bisa ngobrol dengan siapa pun. Kadang kita lagi mengerjakan sesuatu ada yang menyapa atau menanyakan sesuatu terus flow (kerja)-nya bisa bubar," ungkap Vanessa dalam acara Women Inspiration Day yang diselenggarakan Microsoft di GoWork Menara Rajawali, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, (15/5/2019).

Untuk bisa berkonsentrasi sekaligus menghargai pekerja lain, Vanessa pun punya beberapa cara. Salah satunya adalah untuk membuat janji ketika akan mendiskusikan sesuatu. Hindari mengganggu sesama pekerja di coworking space dengan tiba-tiba datang untuk berbicara panjang.

"There are ways supaya kita lebih efektif kerja di coworking space. Kalau aku biasanya bilang ke tim coworking space bahwa diskusi apapun kita harus minta waktu jadi nggak bisa langsung motong (pekerjaan atau pembicaraan) kecuali memang lagi mengobrol atau makan siang. Kalau kita lihat ada orang lagi kerja sebisa mungkin kita nggak mengganggu. Kalau perlu diskusi 10-15 menit, bikin janji dulu, sepele tapi itu cara yang efektif," ungkapnya.

Kemudian sesuaikan kebutuhan pekerjaan dengan ruangan yang disediakan. Selain agar tidakmenggangu, hal ini juga bisa membuat pekerja lebih berkonsentrasi dengan tugas yang sedang diselesaikan. "That's why we have different facilities, ada meeting room,skype room, telephone booth. Kita menganjurkan orang yang kerja di desk ini untuk terima telepon di sana agar nggak mengganggu yang lain," jelas Vanessa.

(ami/ami)