Piawai Pandu Debat Cawapres 2019, Ini Cara Putri Ayuningtyas Atasi Deg-degan

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 18 Mar 2019 10:40 WIB
Putri Ayuningtyas. Foto: Instagram Putri Ayuningtyas. Foto: Instagram

Jakarta - Putri Ayuningtyas jadi salah satu moderator di debat cawapres Pilpres 2019 yang berlangsung pada Minggu malam (17/3/2019). Putri pun piawai dan membawakan acara debat dengan baik dan luwes.

Presenter berita CNN Indonesia Televisi ini telah melakukan persiapan matang mengenai materi yang akan dibawakan di debat cawapres 2019. Saat berbincang dengan Wolipop belum lama ini, Putri mengaku telah belajar dan membaca isu terkait.


Piawai Pandu Debat Cawapres 2019, Ini Cara Putri Ayuningtyas Atasi Deg-deganPutri bersama calon wakil presiden di acara Debat Cawapres 2019. Foto: Grandyos Zafna

"Tidak ada yang spesial cuma yang spesial karena ini momennya. Dan sebuah kehormatan bagi saya menjadi bagian kecil dari Pemilu," ungkap Putri.


Wanita yang mengawali kariernya sebagai wartawan cetak Media Indonesia ini mengaku punya beberapa cara untuk mengatasi deg-degan saat memandu acara yang diikuti oleh Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin. Salah satu kiat Putri untuk tampil percaya diri memandu acara adalah dengan afirmasi atau berbicara pada diri sendiri.

"Kita nyoba panggung wah itu sudah mulai deg-degan luarbiasa. Kalau Nervous itu saya selalu nafas sih terus afirmasi ngomong ke diri sendiri," cerita Putri.

Putri juga menambahkan bahwa berbicara pada diri sendiri membuat dirinya menjadi lebih mantap dan mencoba terbaik saat tengah memandu acara.

"Bilang ke diri sendiri 'ini nggak apa Putri semua akan lancar baik-baik saja' dan termasuk bilang 'Putri ini amanah tidak semua orang bisa melakukannya, bersyukur dan lakukan sebaik-baiknya'," ujar Putri.
(sil/eny)