ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Kisah Wanita Cimahi yang Viral Dapat Jodoh Pria Korea Saat Liburan Sendirian

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 04 Jan 2023 10:16 WIB
Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial. Foto pernikahan Dea dan Kim. Foto: Dok. Instagrram @kimdea18.
Jakarta -

Kisah wanita yang menikah dengan pria Korea ini jadi sorotan di media sosial. Cerita cinta wanita ini bikin baper karena bak cerita drama Korea. Dia bertemu sang pria Korea saat sedang liburan sendirian dan naik bus yang sama.

Adalah Dea Sardiyana, wanita asal Cimahi, Jawa Barat yang kisah cintanya viral usai diunggahnya ke akun TikTok @kimdeaa. Dalam unggahannya, Dea mengisahkan pertemuannya dengan pria asal Korea yang bernama Kim, saat pergi liburan ke Bangkok pada tahun 2015. Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Unggahan Dea yang mengungkapkan perjalanan cintanya dengan pria Korea ini sudah ditonton lebih dari 21,5 juta Views dan mendapat 1,9 ribu Likes di TikTok. Warganet yang membanjiri kolom komentar, sebagian besar baper (terbawa perasaan) dengan cerita asmara Dea dan Kim.

"Semulus itu yang kisah orang-orang," ucap akun TikTok @240722_.

"Kok orang-orang bisa nemu cerita cinta semulus ini ya," ujar akun @Dinda Laras.

"Kaya drama baper oy," baper akun @re.

"Kayaknya mulai sekarang gue harus sering perhatiin sekitar deh, siapa tahu jodoh gue ada di sekitar," ngakak akun @pia.

"Ahh bagus banget cerita awal kenalnya kayak di film-film," ucap pengguna TikTok.

Dikonfirmasi Wolipop, Dea mengungkapkan kisah lengkap perjalanan cintanya dengan Kim. Dia bertemu dengan pria Korea tersebut saat travelling sendirian ke delapan negara di Asia.

"Aku lagi traveling sendirian di Asia Tenggara. Pas aku dari Kamboja ke Thailand itu aku naik bus sendiri. Ternyata om Kim juga lagi traveling dia juga dari Kamboja, kita itu ternyata satu bus bareng dan duduknya sebelahan. Selama delapan jam perjalanan kita bareng," ungkap Dea kepada Wolipop.

Kesan Dea ketika pertama kali bertemu dengan Kim adalah sosok pria yang jutek dan cool. "Tapi ternyata pas sudah kenal dia baik dan setelah semakin dekat dia baik banget, pintar dan pekerja keras. Dia juga pria yang lucu," kata Dea.

Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial.Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial. Foto: Dok. Instagrram @kimdea18.

Pertama kali bertemu pada tahun 2015, Dea dan Kim intens berkomunikasi jarak jauh dan semakin akrab. Bahkan pada tahun 2016, Kim memutuskan datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Dea. Keduanya pun memutuskan untuk pacaran.

Pada saat awal menjalin hubungan, Dea mengaku mengalami kesulitan bahasa untuk berkomunikasi. Bahasa Inggris dipilih untuk saling bertanya kabar.

"Pacaran 2016 kita selalu pakai bahasa Inggris. Aku itu dulu profesinya guru bahasa Inggris. Om Kim memang pernah tinggal di Australia dan lumayan bahasa Inggrisnya. Tapi ya tetap aja berbeda budaya ya, bahasanya karena bukan bahasa ibu," ujarnya.

"Jadinya banyak miskomunikasi dan lumayan sering berantem ditambah lagi kita kan sering LDR dan aku sedikit-sedikit bahasa Korea, dia juga belajar bahada Indonesia," tambah Dea.

Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial.Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial. Foto: Dok. Instagrram @kimdea18.

Saat Kim datang ke Indonesia, Dea belum menceritakan kedekatannya dengan pria Korea itu kepada kedua orang tuanya. Sementara Kim, mengenalkan Dea ke keluarga besarnya setelah mereka pacaran lima bulan.

Barulah setelah perjalanan ke Korea itu, Kim kembali lagi ke Indonesia untuk dikenalkan dengan keluarga besar Dea. Kedua orang tua Dea pun menyambut baik kehadiran Kim.

Pada 2018, agar Kim semakin lancar mengucapkan bahasa Indonesia, ia mengikuti program BIPA yaitu pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia (berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan) bagi penutur asing, di Universitas Indonesia.

"Semanjak itu bahasa Indonesianya semakin lancar dan 98% komunikasinya menggunakan bahasa Indonesia. Jadi kita itu hampir kayak nggak pernah berantem komunikasi saat ini," jelas Dea sambil tertawa.

Dea sendiri mengaku salah satu penggemar drama Korea dan K-pop. "Sebenarnya aku suka banget drama Korea dan K-pop tapi jujur aku nggak pernah kebayang bisa dekat dan menikah dengan orang Korea. Tapi cowok Korea tipe ya seperti om Kim," ucapnya malu-malu.

Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial.Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial. Foto: Dok. Instagrram @kimdea18.

Dea dan Kim Resmi Menikah

Dea dan Kim pacaran pada 2016. Dan pada 2018, Kim pindah dan mulai bekerja di perusahaan Korea yang ada di Indonesia. Setelah tiga tahun pacaran, keduanya sepakat untuk naik pelaminan.

"Sebelumnya nikahnya dipercepat karena rencananya kita sekitar pertengahan tahun 2019 atau akhir, tapi karena tiba-tiba aku harus bekerja ke Kanada. Akhirnya dipercepat nikahnya pada Februari 2019," kenang Dea.

Wanita yang berasal dari Cimahi, Jawa Barat ini mengatakan acara pernikahan sengaja dibuat sederhana dan berjalan dengan lancar. "Kita menikahnya di Cimahi karena rumah aku ada di sana. Konsepnya simpel hanya keluarga dan teman-teman dekat dan menggunakan adat Sunda," jelasnya.

Viral karena menikah dengan pria asal Korea, Dea mengungkapkan pengalamannya. Dia mengatakan kehidupan nyata dengan pria Korea tak seindah di drakor.

"Sebenarnya kehidupan nyata dan di drama Korea itu berbeda. Tidak seindah drama Korea. Tetap ada masalah-masalah kecil. Cuma yang aku lihat dari suami aku, dia juga ada beberapa karakteristik memang ada di drama Korea, contohnya kalau lagi jalan om Kim itu selalu membawa tas aku, dan aku nggak boleh bawa barang berat," tuturnya panjang lebar.

Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial.Kisah cinta beda negara, wanita Indonesia menikah dengan pria asal Korea. Dea dan Seungwoo Kim, menjadi sorotan di media sosial. Foto: Dok. Instagrram @kimdea18.

Kim juga mempunyai keahlian memasak, menjahit dan mengerjakan pekerjaan rumah. "Kita sharing aku bagian apa, dia bagian apa. Om Kim tidak pernah mempermasalahkan pilihan aku, terserah aku saja. Kayak mau kerja di kantor, konten kreator atau ibu rumah tangga," ucapnya bersyukur.

Setelah menikah, Dea ingin terus produktif dan menyalurkan hobinya. Kim pun terus mendukung setiap langkahnya.

Menjawab pertanyaan yang sering netizen tanyakan tentang tips untuk mendapatkan jodoh pria Korea, Dea berbagi pengalamannya. Menurutnya dalam menjalani hubungan dengan pria asing yang terpenting adalah kemampuan berbicara dalam bahasa asing.

"Paling utama itu bisa bahasa asing, spesialnya bahasa Korea lebih mantap lagi. Bisa belajar budaya dari drama Korea sering nonton supaya nantinya tidak terlalu kaget dengan perbedaan kebiasaan dan personalitinya. Kita lebih terbuka dan menerima adanya perbedaan atau mungkin kamu bisa traveling ke negara lain bisa juga," pungkas Dea yang bersama Kim aktif membagikan berbagai kegiatannya di Instagram dan TikTok.

(gaf/eny)