ADVERTISEMENT

Jadi Kontroversi, Wanita Bayar Utang Pacar Rp 400 Juta dan Tolak Uang Lamaran

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Des 2022 08:00 WIB
Zhou dan Hu Foto: Dok. Weibo via SCMP
Jakarta -

Di banyak budaya, menjadi sebuah kewajiban untuk pria membawa hantaran berupa barang atau uang sebelum menikahi seorang wanita. Meski bukan kewajiban, hal tersebut dianggap sebagai salah satu wujud tanggung jawab dan keseriusan untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Mendobrak kebiasaan, wanita bernama Zhou jadi perbincangan karena menolak menerima uang lamaran bahkan bersedia untuk membayari utang pacarnya.

Zhou yang berasal dari Kota Nanchang, Provinsi Jiangxi, China berpacaran dengan pria bernama Hu yang ditemuinya dari kencan buta. Hanya butuh waktu sebulan untuk Zhou dan Hu membulatkan tekad untuk menikah tahun ini. Tapi bukan hal itu yang membuat kisah mereka kontroversial. Berbeda dari kebanyakan calon pengantin, Zhou tidak mau menerima seserahan lamaran atau cincin pertunangan.

Zhou dan HuZhou dan Hu Foto: Dok. Weibo via SCMP

Dilansir SCMP, Zhou mengembalikan uang pengantin 300 ribu yuan (Rp 670 juta) dan seserahan senilai 10 ribu yuan (Rp 22 juta) yang diterimanya dari keluarga Hu. Di China sendiri, keluarga pria biasanya memberikan uang lamaran mulai dari 10 ribu yuan (Rp 22 juta) hingga 1 juta yuan (Rp 2,2 miliaran) kepada pihak wanita.

Yang paling membuat heran netizen, Zhou bersedia untuk membayar utang Hu yang mencapai 180 ribu yuan atau sekitar Rp 402 jutaan. "Aku memberi semua tabunganku senilai 180 ribu yuan untuk membayar pinjamannya," katanya.

Zhou pun mengungkap alasannya. Dalam sebuah video yang viral, ia mengatakan jika cintanya tidak didasarkan pada materi. "Uang bukan dasar dari cinta dan itu bukan faktor yang menentukan. Dia bisa memberikanku cinta tanpa batas," ujar Zhou.

Zhou dan HuZhou dan Hu Foto: Dok. Weibo via SCMP

Dalam unggahannya, Zhou membela keputusannya dan membalas komentar-komentar negatif dari netizen. Banyak orang yang menyebutnya naif dan tidak realistis, Zhou sendiri mengaku hanya mempercayai calon suami. "Aku percaya kami akan bekerja bersama untuk masa depan yang lebih baik," tambahnya.

Sementara Hu mengaku bertekad membayar uang yang dikeluarkan sang kekasih untuk membayar utangnya secepat mungkin. Ia juga berjanji akan bekerja keras agar bisa merawat calon istrinya dengan baik. Meski begitu beberapa netizen tetap meragukan kisah mereka. Tapi tak sedikit pula yang memuji cinta sejati Zhou kepada Hu.

'Ini kekuatan cinta," "Selama wanitanya merasa bahagia, itu tidak masalah," "Keluarga prianya bisa memberikan uang pengantin 300 ribu yuan tapi mereka tidak bisa membayarkan utang anaknya 180 ribu yuan, serius?" "Aku benar-benar berpikir Zhou itu bodoh," tulis netizen.

(ami/ami)