ADVERTISEMENT

Kaesang - Erina Pakai Baju Pengantin Dodotan Saat Kirab dan Ngunduh Mantu

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 11 Des 2022 09:30 WIB
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Kaesang dan Erina. Foto: Dok. Tangkapan Layar YouTube Presiden Joko Widodo
Jakarta -

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berlanjut ke Solo untuk acara kirab dan ngunduh mantu, Minggu (11/12/2022). Keduanya muncul dengan busana pengantin dodotan.

Kaesang dan Erina mengenakan busana pengantin yang disebut dodotan Solo Basahan. Busana pengantin ini disebut dodot karena kedua mempelai mengenakan kain kemben panjang, dan lebar bernama kain dodot.

Dodotan pengantin wanita pada busana Solo Basahan terdiri dari kain dodot hijau yang dipadu prada emas bermotif alas-alasan beserta motif blumbangan. Lalu ada stagen, udet cinde sebagai ikat pinggang, januran dan buntal udan emas.

Seperti terlihat dalam siaran langsung ngunduh mantu Erina dan Kaesang, kedua mempelai yang menjalani akad nikah di Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) kemarin itu, kini terlihat serasi dengan busana dodotan Solo Basahan. Kaesang memakai kain dodot yang membungkus tubuhnya dari pinggang hingga kaki. Tubuh kekarnya tampak terekpos dengan dihiasi aksesori kalung. Dia juga memakai kuluk mathak atau topi yang memanjang ke atas.

Kaesang Pangarep memberikan tanda 'saranghaeyo' jelang kirab dengan Erina GudonoKaesang Pangarep jelang kirab dengan Erina Gudono Foto: dok. Tangkapan layar YouTube Jokowi

Sedangkan Erina Gudono terlihat memesona dengan kain dodotan perpaduan warna emas, cokelat dan hitam. Dia tampil dengan sanggul dan paes yang berbeda dari saat akad nikah. Ketika akad nikah di Yogyakarta, Erina tampil dengan paes ageng. Kali ini untuk acara ngunduh mantu yang digelar Presiden Jokowi di Solo, finalis Puteri Indonesia 2022 itu memakai paes Solo putri.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono memulai acara ngunduh mantu dengan mengikuti kirab. Keduanya menaiki kereta kencana bersama dengan keluarga yaitu Presiden Jokowi dan Iriana serta anak-anak dan cucu. Kirab Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina dimulai dari Loji Gandrung menuju ke Puro Mangkunegaran.

Kaesang dan Erina semringah menyapa warga saat kirabKaesang dan Erina semringah menyapa warga saat kirab Foto: dok. Tangkapan layar YouTube Jokowi

Saat menjalani kirab, Kaesang dan Erina menaiki kereta kencana yang ditarik enam kuda dari Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegaran. Kaesang duduk di sebelah kanan, sedangkan Erina di sebelah kiri. Keduanya tampak tersenyum semringah saat menyapa warga yang berada di pinggir jalan.



Simak Video "Teka-teki Hilangnya Kaesang Pangarep dari Twitter Kini Terjawab"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)