ADVERTISEMENT

4 Tempat Pernikahan Anak Presiden, Siapa yang Paling Mewah?

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 08 Des 2022 22:00 WIB
Pernikahan Kaesang dan Erina Foto: Instagram/@erinagudono
Jakarta -

Sejumlah anak presiden melangsungkan pernikahan di masa jabatan ayahnya. Mulai dari putra Susilo Bambang Yudhoyono yang menyelenggarakan pernikahan di Istana Bogor hingga ketiga anak Joko Widodo yang melangsungkan upacara perkawinan di Solo dan Yogyakarta.

Inilah empat tempat pernikahan anak presiden. Siapa anak presiden yang melangsungkan pernikahan paling mewah?

1. Istana Bogor Jadi Tempat Pernikahan AHY

Annisa Pohan dan AHY di pernikahan Kahiyang AyuAHY dan Annisa Pohan Foto: detikfoto

Putra sulung dari Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono menikah dengan Annisa Pohan di Istana Bogor. Pernikahan yang terjadi pada Juli 2005 itu diselenggarakan secara sakral dan mewah ketika SBY menjabat sebagai presiden RI.

AHY menjadi satu-satunya anak presiden yang menikah di Istana Bogor. Istana yang merupakan tempat istirahat favorit Gubernur Jenderal Hindia Belanda itu memiliki luas 28 hektare dan di ketinggian 290 meter. Pepohonan hijau dan teduh menjadikan Istana Bogor memiliki suasana sejuk.

Presiden Jokowi dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Bogor. (Kanavino/detikcom)Istana Bogor. (Kanavino/detikcom) Foto: Presiden Jokowi dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Bogor. (Kanavino/detikcom)

Pernikahan AHY dan Annisa Pohan di Istana Bogor dibalut dalam acara militer. Prosesi acara dibuka dengan upacara Pedang Pora yang identik dengan seseorang yang merupakan lulusan akademi militer yang sedang melepas lajang.

2. Istana Cipanas Tempat Pernikahan Ibas Yudhoyono

Pernikahan Ibas, Edhie Baskoro YudhoyonoPernikahan Ibas, Edhie Baskoro Yudhoyono Foto: Rachman Haryanto

Pada 2011, adik dari AHY, Ibas Yudhoyono yang melepas masa lajangnya. SBY kembali memanfaatkan tempat milik negara untuk menikahkan putra keduanya itu. Ibas Yudhoyono menikah dengan Aliya di Istana Cipanas. Tempat pernikahannya tersebut sempat menjadi sorotan lantaran dimanfaatkan untuk acara pribadi bukan kenegaraan.

Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum, Simak Info LengkapnyaIstana Cipanas Foto: Kementerian Sekretariat Negara

Pernikahan Ibas - Aliya lebih mewah dari sang kakak. Setelah melakukan akad nikah di Istana Cipanas, SBY membuat acara resepsi pernikahan untuk putranya itu di Jakarta Convention Center (JCC) dengan menyebar 3.000 undangan.

3. Graha Saba Buana Tempat Pernikahan Gibran & Kahiyang

Perbandingan Foto Pernikahan Kahiyang-GibranPerbandingan Foto Pernikahan Kahiyang-Gibran Foto: Pool

Putra sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming menikah dengan Selvi Ananda di Graha Saba Buana, Solo pada Juni 2015. Pada November 2017, putri kedua Jokowi, Kahiyang Ayu juga menikah di tempat yang sama dengan sang kakak.

Suasana persiapan di gedung Graha Saba Buasa Solo, Selasa (24/5/2022).Gedung Graha Saba Buana Solo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng

Gedung Graha Saba Buana disebut mampu menampung lebih dari dua ribu tamu. Di kota Solo, gedung serba guna tersebut yang terluas untuk menyelenggarakan acara indoor. Luas keseluruhan Graha Saba Buana sekitar 2.500 meter persegi. Jika diperhatikan secara teliti, penampakan muka gedung ini seperti rumah-rumah lawas era kolonial Belanda atau acap disebut berarsitektur indis. Graha Saba juga berhiaskan ornamen relief tradisional khas rumah adat Jawa yang memiliki fasilitas cukup komplit, mulai dari panggung hiburan, mushola, hingga mini garden.

4. Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo Tempat Pernikahan Kaesang Pangarep

Pernikahan Kaesang dan ErinaPernikahan Kaesang dan Erina Foto: Instagram/@erinagudono

Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo di Yogyakarta dipilih sebagai lokasi pernikahan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada pernikahan mereka Sabtu (10/12/2022) mendatang. Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo kental dengan nuansa Jawa dan sarat nilai sejarah.

Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo dibangun pada 1856, semasa kekuasaan Hamengkubuwono II, pendopo ini merupakan salah satu situs bersejarah di Yogyakarta. Terdiri dari Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan, dan Alun-alun. Di dalam ageng yang juga berfungsi sebagai museum dan terbuka untuk umum, terdapat sebuah kamar yang pernah ditempati Hamengkubuwono VII hingga akhir hayat.

Prosesi akad putra bungsu Presiden Joko Widodo sendiri tidak akan menggunakan seluruh area. Acaranya terpusat di pendopo yang berkonsep terbuka di mana sekitar 300 tamu akan hadir.



Simak Video "Melihat Isi Bridesmaid Box untuk Pernikahan Erina dan Kaesang"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)