ADVERTISEMENT

10 Daftar Tugas Bridesmaid dan Groomsman yang Perlu Dipahami

Arina Yulistara - wolipop Senin, 21 Nov 2022 14:00 WIB
Tugas bridesmaid dan groomsmen. Foto: Instagram/@toto_fotografio @gisel_la Tugas bridesmaid dan groomsmen. Foto: Instagram/@toto_fotografio @gisel_la
Jakarta -

Sahabatmu akan menikah? Yuk pahami tugas bridesmaid dan groomsman ketika diminta untuk menjadi pengiring pengantin dalam pernikahan sahabat.

Pengiring pengantin tugasnya tidak hanya mendampingi kedua mempelai saat ke pelaminan. Kamu perlu memahami tugas sesungguhnya bridesmaid dan groomsman agar membantu pernikahan berjalan lancar dan teratur.

Peranmu sebagai pengiring pengantin tidak hanya memeriahkan acara tapi ada beberapa tugas yang perlu diingat. Apa saja ya tugas bridesmaid dan groomsman dalam sebuah pernikahan?

Mengutip dari Brides Magazine, berikut daftar tugas bridesmaid dan groomsman:

Cathy Sharon dan Julie Estelle Jadi Bridesmaid.Tugas bridesmaid. Foto: Instagram/@charlottextie

A) Tugas Bridesmaid

Tugas bridesmaid dan groomsman tentu berbeda. Berikut tugas bridesmaid:

1. Membantu pengantin

Tugas bridesmaid dan groomsman yang utama sebenarnya membantu pengantin. Sebagai bridesmaid berarti kamu bertugas membantu pengantin wanita.

Pastikan kamu membantu pengantin wanita dengan detail pada hari pernikahan. Misalnya saja, mendiskusikan ide tertentu atau menawarkan bantuan kepadanya demi kelancaran hari pernikahan.

2. Merencanakan pesta bridal shower

Tugas bridesmaid lainnya adalah merencanakan bridal shower. Kamu bisa mengundang beberapa sahabat untuk merayakan pesta sebelum hari pernikahan dan memberikan kejutan kepada pengantin.

Apa pun aktivitas yang kamu pilih untuk pengantin, pastikan itu menyenangkan dan berkesan. Umumnya, pesta bridal shower hanya dihadiri oleh para sahabat wanita, terutama yang terpilih sebagai bridesmaid.

bridesmaid pernikahan atta-aurelTugas bridesmaid. Foto: Instagram

3. Terus memberikan semangat kepada pengantin

Tugas bridesmaid yang tidak kalah penting adalah terus memberikan semangat kepada pengantin. Menuju hari H pernikahan, banyak wanita yang merasa gugup dan khawatir acara tak berjalan lancar.

Di sini lah tugas bridesmaid paling penting dengan membantu menjaga perasaan aman dan nyaman kepada pengantin wanita. Beri pengantin wanita bahu untuk bersandar dengan perencanaan pernikahan yang detail.

4. Jadi perwakilan pengantin wanita

Saat kamu terpilih menjadi pengiring pengantin maka tugas bridesmaid dan groomsman harus bisa mewakili calon mempelai. Kamu bisa berbagi tugas untuk menjadi media perantara antara vendor dan calon pengantin agar pengantin tidak terlalu stres.

Jika ada masalah pada menit-menit terakhir maka kamu bisa mengambil alih lebih dulu atau berdiskusi secara tenang kepada calon pengantin agar tidak panik. Tentu ini bisa membantu mengurangi stres calon pengantin menuju pernikahan.

5. Mengawasi anak-anak

Salah satu tugas bridesmaid yang perlu dipahami juga mengawasi anak-anak saat hari pernikahan, terutama yang bertugas membawa bunga atau mengenakan seragam keluarga. Mengawasi anak-anak agar tidak melakukan hal yang mengacaukan pernikahan bisa menjadi tantangan tersendiri.

Setelah mengetahui tugas bridesmaid, bagaimana dengan groomsmen? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2