Kamu Tugas Jadi Bridesmaid dan Groomsmen, Ini Daftar yang Harus Dilakukan

Lukita Wardani - wolipop Kamis, 10 Sep 2020 15:48 WIB
selebriti bridesmaid Ilustrasi tugas bridesmaid dan groomsmen. Foto: Instagram
Jakarta -

Kehadiran bridesmaid dan groomsmen atau pengiring pengantin pria dan wanita kini jadi tren pernikahan zaman now. Apakah kamu termasuk yang akan bertugas jadi bridesmaid dan groomsmen? Tahukah kamu tanggungjawab atau tugas bridesmaid dan groomsmen?

Bridesmaid merupakan pengiring dari mempelai wanita yang memanjakan dan memprioritaskan kebutuhan juga keinginan sang pengantin. Tugas bridesmaid memastikan mempelai wanita tetap menjadi pusat perhatian dari seluruh tamu.

Begitu juga dengan groomsmen, tugas dan tanggungjawabnya tidak jauh beda dengan bridesmaid. Hanya saja kalau groomsmen, mendampingi mempelai pria. Agar tidak salah langkah berikut lebih detail tugas bridesmaid dan groomsmen seperti dikutip dari aleitweddings.

Tugas Bridesmaid

1. Bridesmaid bertanggung jawab untuk selalu membantu mempelai wanita saat merencanakan pernikahan seperti memastikan dan menyiapkan gaun pengiring pengantin. Meskipun biasanya mempelai sudah menyiapkan itu namun tidak ada salahnya kamu memastikan kembali gaun yang akan dipakai saat hari pernikahan sahabat atau kerabat kamu.

2. Membantu pengantin wanita membuat keputusan tentang gaun pengiring pengantin yang bagus dan cantik saat hari pernikahan. Cobalah berkompromi dengan mempelai wanita untuk mendapatkan gaun yang nyaman bagi kedua belah pihak.

3. Tugas bridesmaid membantu pengantin wanita memilih gaun pengantinnya. Dalam memilih, gunakan kejujuran namun jangan terlalu mengeluhkan banyak hal. Kamu cukup membantunya memilih di antara dua gaun yang disenanginya, coba cari tahu karakternya dan pernikahan impiannya seperti apa agar pilihanmu sesuai.

selebriti bridesmaidTugas bridesmaid Foto: ist

4. Bridesmaid membantu pengantin wanita menyusun atau membuat elemen DIY dekorasi pernikahan. Kamu juga bisa memberikan rekomendasi elemen DIY yang bagus dan menarik namun tetap keputusan berada di pengantin wanita.

5. Membantu merencanakan pesta bachelorette atau pesta lajang menjadi tugas bridesmaid dan juga groomsmen. Ini bisa berarti bertukar pikiran, menyiapkan anggaran, menyiapkan dan mendekorasi tempat, membongkar dan membersihkan setelah pesta, dan melakukannya semua dengan senyuman di wajahmu.

6. Menghadiri pesta bachelorette atau pesta lajang. Hadirlah untuk mendukung dan merayakan kebahagiaan pengantin wanita di acara yang diselenggarakan sebelum pernikahan sebenarnya.

7. Pada hari pernikahan tata rambut dan riasan kamu seperti yang diinginkan pengantin wanita.

I will be engaged soon. Thoughtful delighted young bride sitting in the white colored room while getting ready with the bridesmaids and drinking teaTugas bridesmaid. Foto: Thinkstock

8. Bantu memastikan gadis pembawa bunga dan cincin sudah siap lancar melakukannya. Terkadang anak-anak kecil mengalami demam panggung; tawarkan diri kamu untuk menemani mereka, atau cukup dengan menghiburnya.

9. Tugas bridesmaid berikutnya: bantu pengantin wanita tampil ekstra glam sepanjang waktu - apakah ini berarti membawa buketnya saat foto, membawa lipstik favoritnya untuk touchup. Prioritas bridesmaid nomor satu di hari pernikahan adalah membuat mempelai wanita tetap merasa fantastis.

10. Saat waktunya berdansa, majulah ke lantai dansa dan menarilah, ikut ramaikan pesta.

Tugas Groomsmen

1. Tugas groomsmen adalah membantu mempelai pria memilih jasnya. Biasanya pengantin wanita akan memberikan semacam arahan khusus untuk ini (yaitu memilih setelan hitam, atau setelan biru). Tetapi kadang-kadang pengantin pria memiliki kebebasan. Tapi tetap menjadi tanggung jawab pengiring pria agar pengantin pria bisa memilih busana sesuai tema pernikahan.

2. Groomsmen perlu mempersiapkan jas sendiri untuk menjadi pengiring pria. Oleh sebab itu pastikan setelan jas kamu disesuaikan dengan tubuh yang dimiliki.

3. Rencanakan pesta bujang bersama dengan sahabat-sahabat calon mempelai pria. Sebagai pengiring pria, kamu bertanggung jawab untuk membantu bertukar pikiran, menganggarkan, dan merencanakan pesta bujangan.

Full length portrait of newlywed couple and their friends at the wedding party showered with confetti in green sunny parkTugas bridesmaid dan groomsmen. Foto: Thinkstock

4. Groomsmen bertugas membantu pengantin pria merencanakan bulan madu. Jika kamu sudah menikah dan pernah melakukan ini sebelumnya, kamu bisa berbagi pengalaman dengan pengantin pria.

5. Minta pengiring pengantin untuk mencari tahu dan memastikan apa yang benar-benar diharapkan oleh pengantin wanita di bulan madu sehingga kamu dapat membantu mengarahkan pengantin pria ke arah yang benar.

6. Tugas groomsmen atau pengiring pria saat hari pernikahan tidak sebanyak tugas bridesmaid. Kamu hanya perlu pastikan berpakaian bagus, rapi, dan tepat waktu dan pastikan juga mempelai pria berpenampilan sempurna pada hari pernikahannya.

Pada akhirnya, tugas bridesmaid dan groomsmen hanyalah untuk berada di sana menghadiri dan menemani sahabat atau keluarga mereka yang telah merencanakan pesta pernikahan yang indah.



Simak Video "Kenali Toxic Relationship, Apakah Hubungan Kamu Salah Satunya?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
dMentor
×
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis Selengkapnya