ADVERTISEMENT

Viral Verificator

Viral Pasangan Yogyakarta Gelar Pernikahan Metaverse Pertama di Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 06 Jul 2022 05:59 WIB
Pernikahan metaverse pertama di Indonesia. Foto: Dok. pribadi Daniel Oscar. Pernikahan metaverse pertama di Indonesia. Foto: Dok. pribadi Daniel Oscar.
Yogyakarta -

Pasangan ini menjadi sorotan karena menggelar pesta pernikahan metaverse bagi tamu undangan yang tidak bisa hadir secara langsung. Acara pernikahan metaverse yang viral ini diadakan di Yogyakarta.

Ialah Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum yang baru saja mengadakan pernikahan metaverse. Momen pernikahan metaverse mereka viral di Twitter karena unik dan belum pernah dilakukan pasangan lainnya di Indonesia.

Wolipop mewawancarai Daniel Oscar untuk mengetahui cerita di balik pesta pernikahan metaverse yang digelarnya. Menurut Daniel acara pernikahannya digelar mulai dari tanggal 1 dan 2 Juli 2022, yang terdiri dari serangkaian acara.

Rangkaian tersebut dimulai hari Jumat, 1 Juli 2022, dengan acara siraman dan seserahan dalam adat Yogyakarta. Kemudian hari Sabtu pagi, 2 Juli 2022 acara pemberkatan dengan model internasional, dan kemudian malam harinya resepsi pernikahan dengan adat Jawa di Gedung Graha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta.

Pasangan Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum menggelar acara pernikahan metaverse viral.Pasangan Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum menggelar acara pernikahan metaverse viral. Foto: Dok. pribadi Daniel Oscar.

Proses Pernikahan Metaverse

Metaverse adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality, augmented reality (AR), dan video. Kombinasi tiga teknologi tersebut memungkinkan penggunanya berada di dalam dunia digital bernama metaverse.

Metaverse bisa berupa konser, konferensi hingga perjlanan virtual keliling dunia. Metaverse disebut tak memiliki batas di semua bidang seperti bisnis, ekonomi, pendidikan, IT dan dunia hiburan.

Daniel Oscar menceritakan metaverse dalam pernikahannya adalah integrasi antara unsur seni, budaya, dan teknologi. Dia membuat undangan hingga souvenir dengan konsep metaverse.

"Selain adanya teknologi metaverse yang kami gunakan, seluruh desain yang kami gunakan di undangan, souvenir, dan termasuk dalam metaverse juga berkolaborasi dengan seniman Indonesia, Wulang Sunu yang juga sering mengadakan pameran karya-karya seni," ungkap Oscar kepada Wolipop lewat WhatsApp, Senin (4/6/2022).

Pasangan Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum menggelar acara pernikahan metaverse viral.Pasangan Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum menggelar acara pernikahan metaverse viral. Foto: Dok. pribadi Daniel Oscar.

Pria yang berusia 29 tahun ini mengungkapkan alasan menyajikan teknologi metaverse dalam acara pernikahannya. Dia ingin semua orang yang diundangnya namun tidak bisa hadir secara langsung tetap dapat menikmati pernikahannya.

"Supaya tamu bisa menyaksikan dan menikmati suasana atau vibes pernikahan kami walaupun tidak hadir secara langsung. Terutama karena adanya keterbatasan mobilitas di masa pandemi ini," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Oscar itu menjelaskan untuk menghadiri pernikahan metaverse, para tamu undangan cukup mengakses tautan yang sudah diberikan. Setelahnya para tamu akan disambut dengan alunan lagu gamelan Jawa. Tamu juga harus mengiri buku tamu untuk menyapa dan sebagai pesan kepada kedua pengantin.

"Setelah mengisi buku tamu, tamu masuk ke ruangan utama metaverse, disambut avatar dari kami (pengantin) lengkap dengan berpakaian pengantin jawa dengan tampilan 360 derajat. Nama dari tamu yang hadir / yang sudah mengisi buku tamu turut muncul dalam metaverse pernikahan kami, beserta dengan avatar tamu-tamu yang lain, sehingga benar-benar seperti hadir dalam pesta pernikahan," lanjutnya lagi.

Dalam pernikahan metaverse Oscar dan Erlinda, tamu disajikan berbagai pengalaman, termasuk menyaksikan live streaming video acara pernikahan dan resepsi secara lengkap dari awal hingga akhir acara. Selain live streaming video acara pernikahan, juga disajikan berbagai konten menarik lainnya dalam bentuk icon di samping kanan dan kiri avatar pengantin.

Selain itu, pernikahan Erlinda dan Oscar menyediakan konten voucher makanan dan minuman, berupa kwetiau, brownies, dan minuman kopi yang dapat digunakan oleh para tamu.

Konten voucher makanan ini memberikan vibes untuk para tamu seperti menikmati hidangan dalam pesta pernikahan pada umumnya. Konten lainnya adalah konten-konten yang memuat informasi pernikahan dan cerita kisah perjalanan Erlinda dan Oscar, dari awal bertemu saat sama-sama di Universitas Gadjah Mada dan pacaran selama 10 tahun semenjak 2012.

Erlinda dan Oscar menjadi pasangan Indonesia pertama yang menggelar acara pernikahan metaverse. Seperti apa kisahnya? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2