Tantangan Desainer Busana Pengantin Putri Tanjung, Bikin Baju Dalam 3 Minggu

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 20 Mar 2022 21:45 WIB
Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo resmi menikah pada Minggu (20/3/2022). Foto: Samuel Rustandi/Morden.co
Jakarta -

Guinandra Jatikusumo resmi menikah dengan Putri Tanjung, pada Minggu, 20 Maret 2022, pukul 09.21 di kediaman ayah mempelai wanita, Chairul Tanjung, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo berlangsung lancar dan khidmat. Presiden RI Joko Widodo dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menjadi saksi dalam pernikahan sejoli yang berpacaran sejak 2021 ini. Selain itu acara akad nikah dihadiri oleh Mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla, Boediono, dan beberapa menteri Jokowi seperti Sri Mulyani, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc.

Sebelumnya Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo telah menjalani rangkaian prosesi jelang pernikahan mulai dari acara pengajian, siraman dan midodareni. Untuk busana siraman, midodareni hingga akad nikah, Putri mempercayakan penampilannya pada desainer Akhi Anam.

Menjadi desainer di balik acara pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo, Akhi pun mengungkapkan proses membuat baju pengantin tersebut. Akhi mengaku harus membuat busana pengantin hanya dalam waktu tiga minggu.

Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022).Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Foto: Samuel Rustandi/Morden.co


"Biasanya saja bikin baju 4 bulan, tapi kali ini harus jadi 3 minggu. Challenge-nya waktu itu karena Mas Andra tinggal di Singapura. Kemudian kembali 3 minggu sebelum hari H. Jadi saat itu belum ukur-ukur juga," kata Ekhi dalam wawancara dengan Transmedia Group.

Ekhi membuatkan busana adat Solo untuk acara akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo. Adat Solo ini merupakan permintaan dari ibunda mempelai wanita, Anita Tanjung.

"Untuk pernikahan Putri dan Andra tidak ada request tapi konsepnya simpel dan berkualitas. Sesuai dengan pengantin wanita dan pria, hanya minta menikah pakai adat Solo," kata Ekhi Anam.

Ekhi mengaku sudah mengenal Putri Tanjung sejak kecil itu. Oleh karena itu dia tidak menemukan kesulitan saat mempersiapkan busana pengantin untuk mempelai wanita kelahiran 22 september 1996 itu.

"Saya sudah mengenal Putri sejak masih kecil dari usia lima tahun. Saya sudah mengetahui selera putri, bapak dan ibu. Jadi, tidak ada yang sulit," tambahnya.

Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022).Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Foto: Samuel Rustandi/Morden.co

Ekhi Anam mengungkapkan detail busana akad nikah dan midodareni yang dikenakan oleh Putri Tanjung dan Guinandra. Dia membuatkan kebaya berwarna off white dengan detail Swarovski dan payet berwarna emas, perak dan krem.

"Adat akad nikah mengusung adat Solo dan midoraeni mengunakan tema kebaya Jawa kutu baru. Sebetulnya ibu sangat pakem tradisional Solo, saya hanya bagian Swarovski, payet atau listnya saja," pungkasnya.

(gaf/eny)