Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo Resmi Menikah, Mas Kawin Emas 199 Gram

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 20 Mar 2022 09:36 WIB
Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo. (Foto: Samuel Rustandi/Morden.co)
Jakarta -

Putri Indahsari Tanjung dan Guinandra Jatikusumo akhirnya resmi menikah pada Minggu (20/3/2022). Akad nikah Putri Tanjung dengan Guinandra berlangsung pada pukul 09.21 di kediaman ayah mempelai wanita, Chairul Tanjung, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam akad nikah tersebut, bertindak sebagai penghulu adalah Kepala KUA Menteng H. Thowilan. Ayah Putri Tanjung, Prof. DR. drg. Chairul Tanjung, M.B.A., menjadi wali nikah.

Adapun saksi pernikahan dari pihak Putri adalah Presiden Joko Widodo. Sementara itu, presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir sebagai saksi dari pihak Guinandra.

Dibuka dengan lantunan ayat Alquran, prosesi akad berlangsung secara khidmat. Guinandra pun dengan lancar mengucapkan ijab kabul.

"Saya terima nikahnya dan kawinnya, Putri Indahsari Tanjung binti Chairul Tanjung, dengan mas kawin tersebut, dibayar tunai," ucap pria 29 tahun itu. Ia memberikan mas kawin berupa emas 199 gram dan seperangkat alat salat.

Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022).Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Presiden Joko Widodo turut hadir sebagai saksi mempelai wanita. (Foto: Samuel Rustandi/Morden.co)

Akad nikah digelar dalam nuansa Jawa yang kental. Kedua mempelai tampil serasi dengan busana pengantin adat Solo. Kebaya off white dengan detail Swarovski dan payet berwarna emas, silver dan krem, dengan sentuhan batik jumputan bernuansa merah sukses memancarkan pesona Putri. Sementara itu, Guinandra tampak gagah dengan beskap senada lengkap berblangkon.

Prosesi akad lalu ditutup dengan pemberian nasihat dan doa dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Acara ini juga dihadiri mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla dan Boediono. Tampak pula beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022).(Foto: Samuel Rustandi/Morden.co)

Setelah akad, acara akan berlanjut dengan upacara adat. Rangkaian upacara adat panggih tersebut terdiri dari lempar sirih, menginjak telur, mencuci kaki mempelai pria, suap-suapan hingga bubak kawah.

"Secara garis besar acara panggih adalah lempar sirih, kemudian injak telur, setelah itu nanti ada cuci kaki, setelah itu sinduran yang dilakukan oleh bapak dan ibu mengiringi putra putri. Ada ada pangkos, timbangan, bobot timbang, dua-duanya sama beratnya, yang bermakna tidak ada pilih-pilih kasih sayangnya," jelas pemangku adat upacara pernikahan Mamie Hardo beberapa hari jelang acara.

Simak Video 'Serba-serbi di Balik Persiapan Pernikahan Putri Tanjung-Guinandra':

[Gambas:Video 20detik]



(dtg/dtg)