ADVERTISEMENT

7 Fakta Pernikahan Beda Agama Stafsus Jokowi, Jalani Akad Serta Pemberkatan

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 18 Mar 2022 17:15 WIB
Ayu Kartika Dewi Foto: Instagram @ayukartikadewi
Jakarta -

Pernikahan Staf Khusus Presiden RI, Ayu Kartika Dewi saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya wanita 39 tahun itu memilih untuk menikah beda agama dengan sang suami, Gerald Bastian. Berikut ini 7 fakta pernikahan beda agama Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian yang menjalani akad serta pemberkatan.

1. Ayu Merupakan Wanita yang Berprestasi dan Memiliki Gelar MBA

Ayu Kartika Dewi lahir di Banjarmasin pada 27 April 1983. Ia sempat mengenyam pendidikan di SMPN 1 Balikpapan dan SMAN 5 Surabaya sebelum melanjutkan ke Universitas Airlangga Manajemen Fakultas Ekonomi. Berkat kecerdasannya, Ayu terpilih mendapatkan Student Grant dari Asian Development Bank untuk tugas akhirnya. Ayu menjadi mahasiswi berprestasi peringkat pertama FE Unair selama dua tahun berturut-turut.

Sebelum mendapat beasiswa untuk kembali melanjutkan pendidikannya di Duke University Fuqua School of Business, Amerika Serikat, Ayu sempat berkarier di Singapura selama 3 tahun. Setelah lulus dengan gelar MBA, Ayu sempat bekerja sebagai konsultan dan kini menjadi staf khusus Presiden RI.

2. Menjadi Staf Khusus Presiden RI, Joko Widodo

Pada tahun 2015 hingga 2017 Ayu pernah menjadi Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Pada tahun 2019 Ayu baru diangkat sebagai Staf Khusus Presiden RI, Joko Widodo. Ayu terpilih sebagai salah satu yang masuk ke gugus tugas ketiga, yaitu teman diskusi Joko Widodo. Sebelum menjadi Staf Khusus, Ayu sendiri sudah cukup lama berkarier di dunia politik.

3. Penggagas Gerakan Sabang Merauke

Sebelum mendirikan program Sabang Merauke, Ayu sempat bergabung dengan Gerakan Indonesia Mengajar yang digagas oleh Anies Baswedan. Saat itu Ayu mendapat tugas untuk mengajar di salah satu SD di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Program Sabang Merauke yang didirikan Ayu pada tahun 2013 sendiri merupakan program pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia.

4. Mengaku Memiliki 100 Kriteria untuk Suami

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Ayu mengaku memiliki 100 kriteria untuk pasangannya. Saat ini, pria yang kini telah menjadi suaminya itu sudah berhasil memenuhi 97 kriterianya. Hanya saja ada 3 kriterianya yang belum terpenuhi, yaitu berkulit gelap, menyukai serial F.R.I.E.N.D.S., dan bisa mengendarai mobil. Namun ketiga hal itu tampaknya tidak menjadi penghalang bagi Ayu uuntuk meneruskan hubungannya ke jenjang yang lebih serius.

5. Pacaran Lebih Dari 2 Tahun Sebelum Memutuskan Nikah Beda Agama

Dalam salah satu keterangan di unggahan Instagramnya Ayu juga menceritakan secara singkat kisah cintanya. Ayu mengaku bahwa sebelum memutuskan untuk nikah beda agama dirinya telah berpacaran dengan Co-Founder Kok Bisa, Gerald Bastian selama lebih dari 2 tahun. Diketahui Ayu dan Gerald memiliki keyakinan yang berbeda. Ayu memeluk agama Islam, sedangkan Gerald beragama Katolik. Keduanya kemudian memilih untuk tetap mempertahankan agamanya saat menikah.

6. Akad dan Pemberkatan Pernikahan Dilakukan di Hari yang Sama

Ayu Kartika Dewi dan GeraldAyu Kartika Dewi dan Gerald Foto: YouTube Ayu Kartika Dewi

Memiliki keyakinan berbeda, Ayu dan Gerald pun memutuskan untuk mengadakan akad dan pemberkatan di hari yang sama, tepatnya tanggal 18 Maret 2022. Akad nikah secara Islam digelar di Hotel Borobudur, sedangkan pemberkatan di Gereja Katedral dengan dipimpin langsung oleh Uskup KAJ, Kardinal Ignatius Suharyo. Saat pemberkatan, Ayu terlihat mengenakan pakaian serba putih lengkap dengan hijab berwarna senada.

7. Tidak Menerima Hadiah Dari Para Tamu Namun Membuka Donasi Bagi yang Membutuhkan

Melalui akun Instagramnya Ayu juga menjelaskan bahwa dirinya dan pasangan tidak menerima hadiah dari para tamu. Baik itu merupakan karangan bunga, hadiah barang, maupun angpao. Keduanya hanya mengharapkan doa dan dukungan dari para kerabat. Namun uniknya Ayu dan Gerald membuka donasi untuk nantinya disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.



Simak Video "Momen Pernikahan Stafsus Jokowi yang Viral Gelar Prosesi Nikah 2 Cara"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)